MENURUNKAN KADAR ASAM URAT

Ini Tanaman Obat Asam Urat dan Perlu Ditanam di Rumah



Rabu, Juli 27, 2022

BILA  memiliki sedikit saja halaman, dapatlah diusahakan untuk menanam tumbuhan ini. Gegunaan serta manfaatnya bolehlah di jempol.


Salahsatu penyakit yang mengganggu adalah penyakit asam urat, yang merupakan kondisi bisa menyebabkan gejala nyeri  tak tertahankan, pembengkakan serta adanya rasa panas di area persendian. 


Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.


Nah,  umumnya penyakit asam urat ini dapat lebih mudah menyerang laki-laki, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun, walau pun itu, wanita juga dapat terkena.


Penyebab Penyakit Asam Urat

Berikut ini adalah faktor yang menjadi penyebab datangnya penyakit asam urat, antara lain :


Makanan yang berzat purin tunggi yang dikonsumsi, seperti jeroan hewan, hidangan laut, dan daging merah. Lalu banyak menkonsumsi minuman dengan gula tinggi dan minuman beralkohol.


Kemudian menggunakan obat-obatan dengan jenis tertentu, sepeti aspirin, obat penghambat enzim, sislospirin dan obat-obatan kemoterapi. Kemudian nempunyai riwayat penyakit asam urat pada anggota keluarga. 


Atasi dengan Alam

Banyak tanaman yang tumbuh di sekitar kita ternyata juga berguna sebagai tanaman obat asam urat yang sangat ampuh dan mujarab. 


Alangkah baiknya, jika miliji halaman, kita bisa mencoba menanam dan membudidayakan tanaman-tanaman herbal tersebut sebagai stok obat cadangan. Karena kita tak perlu repot, tak perlu biaya mahal dan tak perlu khawatir akan efek sampingnya.


Ini beberapa tanaman obat asam urat yang sangat mujarab dan wajib kamu tanam dirumah; Kunyit, Sambiloto, Jahe merah, Daun sirih China, Kumis kucing, Daun seledri, Daun salam, Habatussauda, Sidaguri


Sebagian dari kejelasannya.



Jahe Merah. (Ist')


Jahe Merah

Dunia pengobatan tradisional Indonesia telah lama mengenal jahe merah sebagai salah satu ramuan mujarab untuk mengatasi berbagai penyakit.


Jahe merah juga dikenal sangat efektif untuk mengobati penyakit asam urat dan bahkan tak menimbulkan efek samping apapun.


Oleh karena itu, jahe merah bisa dikonsumsi setiap hari sebagai penambah stamina dan penguat tubuh dari berbagai serangan penyakit.


Salah satu cara termudah mengonsumsi jahe merah adalah dengan cara meminum air rebusannya.


Kunyit

Kunyit atau kunir (Curcuma longa) adalah tanaman obat asam urat berkhasiat tinggi yang telah digunakan sejak zaman dahulu.


Tanaman asli Asia Tenggara ini cukup mudah ditemukan karena sering dijadikan bumbu masakan, jamu, dan juga obat herbal untuk berbagai keperluan


Kunyit mampu menyembuhkan asam urat karena mengandung zat anti-inflamasi sehingga mampu menyembuhkan peradangan akibat asam urat.


Selain itu, kunyit juga mampu menjadi obat ampuh untuk penyakit kolesterol, hipertensi, serta diabetes.



Daun Sirih Cina

Daun sirih cina kaya akan oksalat, tanin, alkaloid, lemak, serta minyak atsiri yang sangat bermanfaat untuk mengobati bermacam-macam penyakit.


Mau disebut sebagai daun sirih cina ataupun ketumpang air, keduanya sama saja, sama-sama merujuk ke salah satu jenis tanaman obat asam urat.


Bagian yang paling sering diolah karena dipercaya paling bermanfaat untuk penyembuhan adalah bagian daun dan juga batangnya.


Sama seperti kebanyakan tanaman herbal,  bisa mengonsumsi daun sirih cina dengan cara meminum air rebusannya. 


Habbatussauda

Tanaman ini bahkan telah digunakan sebagai obat herbal sejak 2000 tahun silam oleh bangsa Yunani dan Timur Tengah.


Habbatussauda atau jintan hitam dikenal sebagai tanaman obat herbal yang penuh khasiat.


Sifat antiradang pada habbatussauda dipercaya menjadi sumber paling ampuh untuk meredakan peradangan akibat asam urat.


Selain untuk obat asam urat, habbatussauda juga memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit lainnya.


Cara Pengolahannya :

1. Siapkan air setidaknya 500 ml dan biji jintan hitam secukupnya.

2. Masukkan jintam hitam ke dalam air kemudian rebus hingga mendidih.


Jika sudah mendidih, saring dan ambil air rebusan jintam hitam untuk dikonsumsi sebagai bahan alami cegah berbagai penyakit.


4. Untuk mengatasi sakit kepala, Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun dan madu untuk menambah rasa. (*/Nik)

•Referensi:dari berbagaisumber//image:Ds/istimewa


______________


Editor:  Red


RAGAM INFO 

18 Buah Langka Dari Kalimantan

Flag Counter Email: redaksisatnews@gmail.com.

KODE ETIK: Sesuai UU Pokok Pers  ◾ Wartawan satgasnasNews dibekali ID Pers dan SK.

  satgasnasNews
  www.satgasnas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar