.

 

Lingkungan

Januari, 29, 2020

Limbah B3 di Sekitar Rumah Anda

Satgasnas -LimbahB3 merupakan singkatan dari Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun.

Untuk itu limbah B3 dapat diartikan sebagai suatu buangan atau limbah yang sifat dan konsentrasinya mengandung zat yang beracun dan berbahaya. 
Dan bila dijabarkan, secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak lingkungan, menggagu kesehatan, dan mengancam kelangsungan hidup manusia serta organisme lainnya.

Nah, karena keberadaannya menggangu ini dan berbahaya ini, alangkah baiknya dan penting untuk diketahui atau memahami jenis limbah B3 yang ternyata sering dijumpai disekeliling kita. 

Ada beberapa jenis limbah B3 yang perlu dipahami agar bisa mengurangi pemakaiannya. Dan  bahan-bahan yang termasuk limbah B3 adalah memiliki salah satu atau lebih karaktersitik seperti mudah meledak, mudah terbakar, bersifat reaktif, beracun, menyebabkan infeksi, bersifat korosif, dan lainsebagainya.

Karakteristik limbah B3 berdasarkan PP No. 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun Pasal 5 adalah mudah meledak, mudah menyala, reaktif, infeksius, korosif, dan beracun.

Perludiketahui, limbah B3 ini bukan hanya dari industri saja, dapat juga dari kegiatan rumah tangga yang menghasilkan beberapa limbah jenis ini, seperti  pengharum ruangan, pemutih pakaian, deterjen pakaian, pembersih kamar mandi, pembersih kaca atau jendela, pembersih lantai, korek gas dan banyak lagi.