Limbah B3 Dibagi Menjadi 4 Macam,









Inilah Barang Berbahaya Disekitar Kita

Dibagi menjadi 4 macam, yaitu:

Primary Sludge
Limbah jenis ini berasal dari tangki sedimentasi (pengendapan benda padat karena pengaruh gaya berat) pada pemisahan awal dan banyak mengandung biomassa (jumlah benda hidup di suatu perairan secara keseluruhan) senyawa organik yang stabil dan mudah menguap.

Chemical Sludge
Chemical Sludge adalah jenis limbah B3 yang dihasilkan dari proses koagulasi dan flokulasi

Excess Activated Sludge
Limbah yang berasal dari proses pengolahan lumpur aktif dan mengandung banyak padatan organik berupa lumpur.

Digested Sludge
Limbah B3 jenis ini berasal dari pengolahan biologi dengan digested aerobis atau anaerobic. Padatan yang dihasilkan oleh limbah ini cukup stabil dan banyak mengandung padatan.


Limbah B3 memang ada di sekitar kita dan tanpa disadari kita sering berinteraksi dengan barang-barang yang mengandung bahan kimia. 

Baterai bekas
Baterai bekas merupakan limbah B3 yang ada disekitar kita. Tanpa kita sadari, kandungan bahan kimia di dalamnya dapat berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Baterai bekas dianggap sebagai salah satu limbah B3 karena mengandung berbagai logam berat seperti merkuri, nikel, timbal, mangan, kadmium dan lithium. Agar tidak mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan manusia, baterai bekas sebaiknya tidak dibuang di pembuangan sampah umum.(red)