Hari Solidaritas 

Internasional Bagi Rakyat Palestina

Ini Dia Sosok Kombes Pol Sambodo


Integritas Tentang Sosok Sambodo

Satgasnas - Bukan hal baru, kiprah Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Kepolisian Negara RI sudah bertrack record serta teruji. Pasalnya, integritasnya dalam menjalankan tugas, lulusan Akpol 1994 ini, memang pakar di bidang lalulintas dan tidak perlu diragukan lagi.

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, selulus Akpol di Polda Jabar kemudian ditugaskan di Polres Sukabumi. Dari Sukabumi, Sambodo dimutasi ke Polwil Banten. Selanjutnya, pindah ke Polres Bekasi. 

Kemudian bertugas sebagai Kasi BPKB di Ditlantas Polda Metro Jaya. Dari sini Sambodo mengikuti Sespimmen. Lalu seusai sekolah, Sambodo kemudian ditempatkan sebagai Kabag Ops Polwil Purwakarta. Di Polwil Purwakarta ini, Sambodo bekerja allout ketika menangani mudik lebaran. 

Keberhasilan mengawal arus mudik ini membuat pimpinan memberi reward kepadanya memimpin jajaran Satlantas Polrestabes Bandung. Bukan itu saja, sejumlah inovasi rekayasa lalulintas dengan penerapan UU No 22 Tahun 2009, untuk mengurai lalu lintas Kota Bandung, yang dikenal sangat rawan macet terutama pada setiap akhir pekan, dilakukan Sambodo dan berhasil.

Lebih setahun menjadi kasat lantas, Sambodo kemudian dipromosi menjadi Kapolres Banjar. Dari sini, ia kemudian dipromosi lagi menjadi Wadirlantas Polda Metro Jaya.

Dalam catatan, ia sempat bertugas di Polda Maluku, kemudian dimutasi ke Polda Sulut sebagai Karorena, dengan pangkat Kombes. Nah, dari Sulut, Sambodo kemudian dipindah ke Polda Metro Jaya sebagai Dirbinmas. 

Rupanya beberapa inovasi dilakukan Sambodo, dalam pembinaan pelajar dan polisi sahabat anak sebelum lolos mengikuti Sespimti Ditreg 28 di Lembang Bandung, sejak Mei – Desember 2019 telah membuahkan hasil. Dari record inilah ia melangkah.

Sertijab Untuk Sambodo
Tentang pasang surut jabatan yang diembannya selama 25 tahun berdinas sudah biasa, ia telah diuji  untuk tetap eksis. Pamen lulusan S2 di luar negeri ini telah banyak melahirkan inovasi serta terobosan di bidang rekayasa lalu lintas saat ia bertugas sebagai Kasat Lantas Polrestabes Bandung.

Bukan hal kebetulan bila mantan Wadirlantas Polda Metro Jaya ini  menjadi peserta terbaik bidang akademik saat mengikuti pendidikan Sespimti Ditreg 28 Tahun 2019. 

Padahal penilaian terhadap peserta Sespimti lebih ketat dan komprehensif, ungkap Kalemdikpol Komjen Pol Arief Sulistyanto.  Jadi tidak lebih fair dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kombes Pol Sambodo Purnomo menerima penghargaan bersama rekan satu angkatan Kombes Pol Suwondo Nainggolan sebagai peraih Nastrap terbaik.

Akhirnya. Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana AS,  lantik Kombes Sambodo Purnomo Yogo SIK, MTCP, sebagai Dirlantas PMJ (Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya) menggantikan Brigjen Pol Yusuf SIK MHum.


LEPAS SAMBUT DIRLANTAS
Diawali pembacaan doa, acara pisah, 15/2/20, sambut Dirlantas polda metro Jaya dari Brigjen Pol Yusuf SIK M.Hum digantikan KBP Sambodo Purnomo yogo, selanjutnya acara diisi dengan makan malam dan lagu lagu Jawa dan pop menghiasi perjalanan acara pisah sambut tersebut. 

Uniknya, Direktur Regiden yang baru di daulat untuk bernyanyi bersama istri membawakan lagu cinta luar biasa dari Judika.

Kemudian Polda metro Jaya dari Brigjen pol Yusuf SIK, M.Hum digantikan KBP Sambodo Purnomo yogo, selanjutnya acara mengalir lancar tanpa hambatan.