Hari Solidaritas 

Internasional Bagi Rakyat Palestina

Virus Corona Wuhan Adalah Virus Jenis Baru


Ternyata Virus Corona Wuhan adalah jenis baru yang dikenal sebagai 2019-nCoV, atau dikenal virus corona Wuhan atau coronavirus Wuhan, menurut WHO.

Seperti dilansir dari Popular'MechanicsCorona virus adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan seperti flu biasa, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), dikutip dari LiveScience.

Dalam hal ini, kebanyakan orang terinfeksi dengan virus Corona sekali seumur hidup mereka. Biasanya gejalanya ringan hingga sedang. Dan dalam beberapa kasus, virus dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan bawah seperti pneumonia dan bronkitis.
Dalam catatan, menurut situs WHO, virus MERS-CoV telah menyebabkan 858 kematian di seluruh dunia sejak September 2012 di 27 negara, dengan 2.294 kasus terkonfirmasi.
Sementara SARS-CoV diidentifikasi pada 2003 dan berasal dari Provinsi Guangdong.

Kala itu, epidemi SARS mempengaruhi 26 negara dan menyebabkan 8000 lebih kasus pada tahun 2003. Sebanyak 774 kematian dilaporkan terkait SARS. Dan menurut situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC), 2019-nCoV adalah jenis virus Corona baru yang sebelum tidak teridentifikasi.

Saat ini. pejabat kesehatan dan ilmuwan masih berupaya untuk mengidentifikasi sumber 2019-nCoV.

Pada awalnya, banyak pasien wabah di Wuhan, Cina, dilaporkan memiliki hubungan dengan pasar ikan dan hewan yang besar, menunjukkan kemungkinan virus muncul dari sumber hewan,  termasuk unta, kucing, dan kelelawar. 

Sedangkan saat ini,  Virus corona makin menjadi-jadi. Pasalnya, jumlah penderita yang terinfeksi terus mengalami peningkatan.

Dari data Senin (27/1/2020), pemerintahpusat China mengatakan sudah ada 2.744 kasus. Terdapat penambahan 769 kasus baru, seperti CNBC Indonesia.
 (Bbs/ist/ds)