🌏 Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 2024...

Sabtu, Juli 11, 2020

Timor Leste

Timor Leste.(Image:ist)

Terpuruk Sebagai 152 Negara Termiskin


Jakarta,satgasnas- Negara berdaulat yang bertetangga dengan Provinsi NTT ini sudah berusia 18 tahun. Lalu, bagaimana kondisi  Timor Leste setelah merdeka dari Indonesia?

Timor Leste, nama itu pernah ada dalam pangkuan ibu pertiwi Indonesia. Pernah menjadi bagian dari NKRI.  Namun negara kecil yang melepaskan diri dari Indonesia dan memilih merdeka pada 20 Mei 2002, setelah Indonesia secara berangsur-angsur mulai meninggalkan negara itu pada September 1999.

Jejak
Tahun 1999 Timor Leste lepas dari Indonesia melalui referendum. Saat itu lembaga yang menangani pemungutan suara di Timor Leste oleh Unamet PBB mengumumkan 3/4 warga Timor Leste menolak opsi optimistis khusus dan lebih memilih lepas dari Indonesia.

Tercatat dalam sejarah, sebelum Timor Leste memperoleh kemerdekaannya, telah terjadi adu senjata militer oleh ABRI yang dikenal dengan operasi seroja. Dalam operasi itu, pasukan ABRI berusaha menggulingkan pemerintahan Fretlin yang kemudian memicu pendudukan seperempat abad.

Dalam pertempuran itu, sekitar 100.000-180.000 tentara dan warga sipil gugur dalam pertempuran tersebut. Bukan hal yang mudah. Selama bertahun-tahun militer Indonesia menghadapi perlawanan besar-besaran di pedalaman pegunungan pulau itu.

Kemudian, pada 20 Mei 2002, Timor Leste memperoleh kemerdekaanya dari Indonesia. Negara ini memasksakan diri untuk lepas dari Indonesia dan memilih berdiri sendiri sebagai sebuah negara medeka.

Faktannya kini
Bukan kemakmuran yang didapatkan, setelah 18 tahun merdeka, malah kini Timor Leste terbelit dan terkungkung  kemiskinan akut. Bahkan negara ini masuk dalam daftar paling miskin di dunia. Menyedihkan.

Bukan hanya itu, negara yang hanya menggantungkan hasilini terancam bangkrut bila tak lagi sanggup bayar hutang dan cadangan habis kelak. Ibarat pepatah, 'Napsu besar tenaga kurang'.

Dikutip dari laporan resmi Bank Dunia tahun 2020, Minggu (5/7/2020), pertumbuhan ekonomi Timor Leste terbilang masih lambat dibandingkan negara-negara Asia Tenggara.

Negara dengan nama resmi Republica Democratica de Timor Leste ini masih jadi salah satu negara paling miskin di dunia. Bukan hanya itu saja, seperti dikutip  dari laporan United Nations Development Programme (UNDP), Timor Leste berada di peringkat 152 negara sebagai negara termiskin di dunia dari 162 negara.

PDB per kapita Timor Leste diperkirakan akan mencapai US$ 2.356 atau sekitar Rp 34,23 juta (kurs Rp 14.532) pada Desember 2020. Masih di bawah pendapatan per kapita Indonesia pada tahun 2019 lalu sebesar US$ 4.174,9 atau sekitar Rp 60 juta.

Sejumlah sektor ekonomi Timor Leste sebenarnya masih sangat bergantung pada Australia dan Indonesia, terutama barang-barang impor

_____________________________

 

   Red: Endy'  •Editor: Red