.

 

Ancol Sudah Dibuka Kembali 20 Juni

(Image:ist)











































    👁️ 32

   Rep: A. Zarkasi - Dosi Bre'  •Editor: Red




Jakarta,Satgasnas- Pada hari pertama beroperasi di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi Sabtu, 20 Juni 2020, Taman Impian Jaya Ancol mencatat pengunjung yang tiba sebanyak 2.688 orang.

Head Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari mengatakan selama operasional terbatas, hanya orang dengan Kartu Tanda Penduduk DKI Jakarta yang dapat membeli tiket masuk.

Menurut pantauan, area Taman Impian Jaya Ancol sejak pagi hingga sore hari kemarin memang relatif sepi. Tak terlihat adanya antrean di pintu masuk gerbang Timur kawasan tersebut. Meski begitu, terdapat beberapa pengunjung yang diputar balik lantaran belum membeli tiket secara online di situs ancol.com.

Seperti sudah diketahui sebelumnya, selama masa operasional terbatas pihak manajemen Taman Impian Jaya Ancol tidak melayani pembelian tiket di loket Ancol menggunakan pembayaran tunai. Pembelian tiket hanya secara daring atau online melalui situs web Ancol.

Di bagian dalam, hanya terlihat beberapa pengunjung yang lalu lalang di jalanan Taman Impian Jaya Ancol. Lokasi Pantai Lagoon yang biasanya ramai oleh pengunjung nampak sepi hari ini. Beberapa mobil pengunjung terparkir di sisi luar kawasan tersebut. Dari seluruh lokasi di Taman Impian Jaya Ancol.

Sedangkan lokasi parkiran yang cukup dipadati mobil di Restoran Bandar Djakarta.

Selama masa transisi manajemen melakukan penyesuaian kegiatan operasional. Pembukaan unit rekreasi dilakukan bertahap. Unit yang dibuka pertama adalah kawasan pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol.

Sebelumnya Rika mengatakan, Unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya, ujar Rika, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (19/6/2020), seperti terkutip tempo.

Rika mengatakan, Atlantis masih dalam persiapan pembukaan jelang penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi tahap selanjutnya.
ementara, unit rekreasi yang lain yaitu pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol rencananya siap dibuka pada tanggal 20 Juni nanti.

Rika Lestari. (Ft:satgasnas)
Restoran-restoran dan tempat penginapan yang ada di Ancol juga sudah siap melayani pengunjung ketika kembali buka nanti.
Setelah tanggal 20 Juni nanti, ada pengaturan gerbang masuk yang diberlakukan. Di hari kerja, pengunjung hanya bisa masuk Ancol melalui pintu gerbang timur dan Busway.

Unit rekreasi Dufan hanya akan beroperasi dari pukul 10.00-17.00 WIB. Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol beroperasi kembali pada pukul 09.00-17.00 WIB.

Sementara untuk Allianz Ecopark akan buka pada pukul 07.00-17.00 WIB. Mengikuti aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi yang diterapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol melarang anak-anak, ibu hamil dan lansia memasuki kawasan.

Selain itu, tiket menuju Ancol nantinya hanya tersedia secara online di website www.ancol.com serta aplikasi pembelian tiket lainnya.

Penyesuaian pembukaan pintu gerbang Ancol pada saat hari biasa, pengunjung dapat melalui pintu gerbang timur dan busway. Sedangkan untuk akhir pekan melalui pintu gerbang barat, timur dan busway.

Jam operasional
• Pintu Gerbang Ancol, pukul 06.00-18.00
• Pantai dan kawasan Ancol, pukul 06.00-20.00
• Dunia Fantasi, pukul 10.00-17.00
• Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol, pukul 09.00-17.00
• Allianz Ecopark, pukul 07.00-17.00
Protokol kesehatan
Batas suhu maksimal adalah 37,3 derajat Celsius. Bila melewati batas tersebut, maka tidak boleh masuk kawasan Ancol. Penggunaan diharuskan memakai masker yang menutup hidung dan mulut. Pengunjung juga harus membawa masker cadangan.
Pembatasan jarak fisik berlaku di semua area. Ketentuan jarak 1,5 meter hingga 2 meter. Pengunjung dianjurkan membawa peralatan pribadi, antara lain alat makan, perlengkapan ibadah, dan membawa cairan pembersih tangan (hand sanitizer) pribadi.

Harga tiket
• Pintu Gerbang Ancol, Rp 25.000 per-orang
Mobil: Rp 25.000
Motor: Rp 15.000
• Dunia Fantasi (termasuk Gerbang Ancol dan Dufan)
Senin-Jumat: Rp 225.000
Sabtu, Minggu, Libur: harga normal Rp 320.000, harga pembelian di situs web Ancol Rp 275.000
• Sea World Ancol (termasuk Gerbang Ancol & Sea World)
Senin-Jumat: Rp 110.000
Sabtu, Minggu, Libur: Rp 130.000
• Ocean Dream Samudra (termasuk Gerbang Ancol)
Senin-Jumat: harga normal Rp 120.000, harga pembelian di situs web Ancol Rp 95.000
Sabtu, Minggu, Libur: harga normal Rp 155.000, harga pembelian di situs web Ancol Rp 105.000
• Tiket gabungan Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra (termasuk Gerbang Ancol)

Sedangkan senin-Jumat: Rp 165.000.  Sabtu, Minggu, Libur : Rp 210.000.