• 11/3/2024: Hari Nyepi...

Kamis, November 02, 2023

99% Tanah Telah Terdaftar;

Pertambahan Nilai Ekonomi Kota Semarang Capai Rp16 Triliun




SEMARANG - Kota Semarang dinyatakan menjadi calon Kota Lengkap oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto. Kota tersebut sudah berhasil merealisasikan pendaftaran tanah hingga 99% dari total target 688.918 bidang, yakni sebanyak 681.683 bidang tanah. 


Hal ini disampaikan oleh Menteri ATR/Kepala BPN dalam kunjungan kerjanya di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Kamis (02/11/2023). Usai menyerahkan sertipikat tanah hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat di Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candisari, ia menyebut dampak pendaftaran tanah di Kota Semarang ialah pertambahan nilai ekonomi yang mencapai belasan triliun.


"Sebelum akhir tahun, Kota Semarang segera kita deklarasikan menjadi Kota Lengkap. Dampak dari pendaftaran tanah yang sudah 99% ini terjadi pertambahan nilai ekonomi Kota Semarang mencapai Rp16 triliun," ungkap Menteri ATR/Kepala BPN di lokasi penyerahan sertipikat.


Dalam penyerahan sertipikat tanah ini, Menteri ATR/Kepala BPN juga berdialog dengan masyarakat guna memastikan pendaftaran tanah berjalan dengan baik tanpa adanya pungutan liar. Menurutnya, selain tidak terbebani dengan biaya pendaftaran tanah, masyarakat setempat juga mendapat keringanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar 40%.


"Kita lihat masyarakat sangat bersyukur dan gembira setelah mendapatkan sertipikat program PTSL. Saya berterima kasih kepada Ibu Wali Kota karena proaktif untuk membantu menyelesaikan program sertipikasi ini. BPHTB juga diringankan, masyarakat hanya perlu membayar pajak 40%. Saya berharap seluruh wilayah kabupaten/kota itu bisa membebaskan atau meringankan BPHTB," ujar Hadi Tjahjanto.


Adapun sertipikat yang diserahkan pada hari ini terdiri dari dua sertipikat tanah wakaf yang diserahkan kepada Pengurus Wilayah Muhammadiyah dengan peruntukan Musholla Ar-Ridwan dan delapan Sertipikat Hak Milik yang diserahkan kepada masyarakat dengan peruntukan rumah tinggal, di Kelurahan Jatingaleh, Kota Semarang.


Kelurahan Jatingaleh sendiri telah mendaftarkan 530 bidang tanah dan 386 tanah di antaranya sudah bersertipikat. Lurah Jatingaleh, Harkat dalam kesempatan ini menceritakan proses sertipikasi tanah warganya yang dilakukan dengan sinergi dan kolaborasi antara Kantor Pertanahan Kota Semarang dengan pemerintah daerah hingga tingkat kelurahan.






"Kami sangat mendukung sekali program PTSL ini bahkan hampir rutin kami selalu mengadakan rapat koordinasi, baik dengan panitia tingkat kelurahan, tingkat RW, maupun koordinasi dengan BPN Kota Semarang. Sehingga, pelaksanaan ini dapat berjalan dengan lancar karena aktifnya kami berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait," tutur Harkat.


Dalam kegiatan ini, Menteri ATR/Kepala BPN didampingi oleh Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah, Dwi Purnama; dan Kepala Kantor Pertanahan Kota Semarang, Sigit Rachmawan Adhi. Turut hadir Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Camat Candisari, Eka Kriswati; serta Forkopimda setempat. * ( Red )

Flag Counter      °Aransir AS 🛡️Editor


⭕KILASBERITA


ASTRABI Gandeng Dispora DKI dan IPSI Gelar Festival Pencak Silat Betawi 2023

Dalam upaya melestarikan dan mengembangkan silat tradisi serta menyiapkan calon-calon atlet di cabang Pencak Silat, Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia (ASTRABI) bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta dan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) sebagai induk organisasi pencak silat di Indonesia, akan menggelar Festival Pencak Silat Betawi ASTRABI 2023.


Acara akan dilaksanakan di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Sabtu (28/10/2023).*



Hari Ini Prabowo-Gibran Daftar ke KPU Sebagai Bakal Capres dan Cawapres

Bakal calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendaftarkan diri ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Rabu (25/10/2023).


Berdasarkan jadwal yang diterima, Menteri Pertahanan dan Wali Kota Surakarta itu direncanakan bertemu terlebih dahulu di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, pada pukul 07:30 WIB.*

Membangun Untuk Indonesia...

Translate news

Powered by Google TranslateTranslate

PILIHAN                                    

  • Lakukan Monitoring dan Evaluasi; Kemente…
  • Prabowo Gaet GibranSurvei Elektabilitas …
  • Hadi Tjahjanto Dukung Penuh Percepatan S…
  • Peringati Hari Santri; Pj. Wali Kota: Pe…
  • Hermina Cancer Warrior (HCW) Ajak Warga …
          • Dukungan Demokrat ke Prabowo Tidak akan …
          • Makassar;Anies dan Cak Imin Disambut Lua…
          • PJ. Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhammad…
        • Presiden RI Puji Kinerja Kementerian ATR…

        • BPN Kota Depok Ingatkan Pemilik Aparteme…
        • Teguran untuk Dirlantas Polda Metro Jaya…

    • SUWANDI; Pengawas Koperasi, Dinas Kopera…


Komentar


Urut Berdasarkan 

Komentar tidak dipublikasikan.



UN DESAUN DESA
Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB


    • Aryanto Misel;Saya Nggak Butuh 'Mereka',…
    • Gelombang Demo di Prancis; Akibat Tembak…
    • Kapal Selam wisata OceanGate Expeditions…
    • Agama Ke-dua Terbesar di Rusia Rusia. (I…
    Perang Ukraina Hanya Batu Loncatan untuk…
    • Deklarasi Pencalonan untuk Pilpres 2024:…

Angle Danau TambelangAngle Danau Tambelang
Wow Destinasi Wisata Bersama Keluarga BE…
  • Tri Tunggal Championship 1Dihadiri Plt. …
Sinéad O'ConnorSinéad O'Connor
Pelantun Nothing Compares 2 You Ini Ungk…

  • Mengurangi Nyeri dan Panas di Tenggoroka…
18 Buah Langka Dari Kalimantan

 


Follow:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar