• 11/3/2024: Hari Nyepi...

Selasa, September 26, 2023

Dukungan Demokrat ke Prabowo Tidak akan Ubah Peta Politik Bursa Cawapres


Prabowo. (Foto:istimewa)

JEMBER – Pengamat politik Universitas Jember Hermanto Rohman menilai bahwa beralih-nya dukungan Partai Demokrat kepada Prabowo Subianto tidak akan mengubah peta politik bursa calon wakil presiden (Cawapres).


“Masing-masing calon presiden, baik Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto indikasi-nya masih kuat untuk melihat suara Nahdliyin dalam mencari pendamping dalam Pemilu Presiden 2024,” katanya di Jember, Jawa Timur, Minggu (24/9/2023).


Menurutnya Partai Demokrat memang tidak ada pilihan lain untuk mendukung Prabowo, dan hal itu mengindikasikan bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sulit ditemukan dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati.


“Kendati demikian, berlabuh-nya Partai Demokrat ke Prabowo tidak akan mengubah nama-nama pada bursa cawapres. Peluang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal cawapres tetap kecil,” tuturnya.


Para capres, baik Prabowo maupun Ganjar, lanjut dia, tetap melihat dukungan suara Nahdliyyin terutama di Jawa Barat dan Jawa Timur akan menjadi penentu, sehingga calon yang punya kedekatan kultural dengan Nahdliyin akan menjadi pilihan pendamping mereka.


Hermanto mengatakan nama-nama yang masuk bursa cawapres yang beredar di publik dari kalangan Nahdliyin di antaranya Mahfud MD, Erick Thohir dan Ridwan Kamil.


“Sepertinya dalam perkembangan politik bahwa nama Erick Thohir itu menguat di antara nama-nama bursa cawapres baik Ganjar maupun Prabowo. Sinyal menguat-nya dilihat dari ‘kode’ Jokowi,” ucap pengajar di FISIP Unej itu, seperti di lansir SP.


Ia menilai pengaruh Jokowi kuat di kubu capres Prabowo, sehingga bukan tidak mungkin nantinya Erick Thohir akan menjadi pilihan di koalisi tersebut.


Sebelumnya melalui Rapimnas, Partai Demokrat masuk ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) bersama Partai Gerindra, Golkar, dan PAN. Sementara PKB yang mulanya merupakan rekan koalisi Gerindra di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) masuk ke Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) pengusung Anies Baswedan.


Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.


Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.


Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.* (red)

Flag Counter      °Red 🛡️Editor


⭕KILASBERITA


Peran Demokrat untuk Prabowo Dapat Memberi Efek Elektoral Jika SBY All Out


JAKARTA – Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai kehadiran Partai Demokrat di Koalisi Indonesia Maju (KIM) dapat memberikan efek elektoral bagi Prabowo Subianto jika Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) banyak membantu.


“Peran Demokrat untuk Prabowo yaitu dapat memberi efek elektoral jika SBY all out dan turun gunung (memenangkan Prabowo),” ujar Denny dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (18/9/2023).


Jika SBY mengerahkan kemampuan politiknya habis-habisan, kata Denny, maka bisa banyak membantu Prabowo memenangi Pilpres 2024 karena SBY memiliki pengalaman dan rekam jejak menang dua pilpres di tahun 2004 dan 2009.* (sp/red)


Membangun Untuk Indonesia...

Translate news

Powered by Google TranslateTranslate

PILIHAN                                    


        • Uus Sumirat, SH;Ada 7 Point Program Prio…
        • KEJAR KOTA HARMONI NOMOR SATU SE INDONES…
        • Presiden RI Puji Kinerja Kementerian ATR…
        • Walikota dan Forkopimda Kota Bekasi Hadi…
        • BPN Kota Depok Ingatkan Pemilik Aparteme…
        • Teguran untuk Dirlantas Polda Metro Jaya…
        • Wali Kota Bekasi Hadiri Rapat Paripurna …
    • SUWANDI; Pengawas Koperasi, Dinas Kopera…


      • Dewan ARH Memonitor Kegiatan Pembangunan…
      Ujang Komarudin; Prabowo Subianto Sosok …

Komentar


Urut Berdasarkan 

Komentar tidak dipublikasikan.



UN DESAUN DESA
Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB


    • Aryanto Misel;Saya Nggak Butuh 'Mereka',…
    • Gelombang Demo di Prancis; Akibat Tembak…
    • Kapal Selam wisata OceanGate Expeditions…
    • Agama Ke-dua Terbesar di Rusia Rusia. (I…
    Perang Ukraina Hanya Batu Loncatan untuk…
    • Deklarasi Pencalonan untuk Pilpres 2024:…

Angle Danau TambelangAngle Danau Tambelang
Wow Destinasi Wisata Bersama Keluarga BE…
  • Tri Tunggal Championship 1Dihadiri Plt. …
Sinéad O'ConnorSinéad O'Connor
Pelantun Nothing Compares 2 You Ini Ungk…

  • Mengurangi Nyeri dan Panas di Tenggoroka…

Ini Tanaman Obat Asam Urat dan Perlu Ditanam di Rumah


Follow:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar