• 11/3/2024: Hari Nyepi...

Jumat, November 03, 2023

Indra Gunawan: 

Staf Pelayanan Garda Terdepan Citra Kantor Pertanahan Kota Depok


Indra Gunawan.



DEPOK - Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok Indra Gunawan memberikan motivasi dalam upaya peningkatan pelayanan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan BPN Kota Depok.

 

Hal ini disampaikan dalam sesi pembinaan SDM jajaran Kantor Pertanahan Kota Depok yang menghadirkan dua motivator Dr Evita Arief dan Bambang MBA di Aula Kantor Kecamatan Cilodong, kemarin.

 

“Staf pelayanan merupakan citra terdepan Kantor Pertanahan. Dalam sehari bisa 150 warga yang datang dengan karakter berbeda. Ini tantangan yang membutuhkan energi dan kesabaran,” tutur Indra Gunawan mengawali pemaparannya.

 

“Teman-teman menjadi ujung tombak pelayanan publik terkait pengurusan tanah. Saya apresiasi atas kinerja dan dedikasi staf pelayanan yang telah bekerja keras selama ini,” imbuhnya.

 

Indra juga meminta staf pelayanan untuk lebih sabar melayani masyarakat dan mengedepankan edukasi guna menghindari miskomunikasi. Selalu bersikap ramah, sopan, dan profesional dalam melayani masyarakat.

 

Indra juga menekankan pentingnya memberikan informasi yang jelas, lengkap, dan akurat, kepada masyarakat tentang proses dan persyaratan pengurusan tanah.

 

“Berikan penjelasan detail, akurat adalah tugasnya, mengedepankan edukasi guna menghindari miskomunikasi adalah upaya kita. Bersikap ramah, sopan, dan profesional dalam melayani masyarakat jadi keharusan,” ujar Indra.

 

Masyarakat, sambung Indra juga perlu diberikan edukasi terkait alur pelayanan. Baik menggunakan aplikasi online dalam pengisian formulir dan pembayaran biaya. 

 

Persempit Hambatan Publik

Dalam penjelasannya Indra Gunawan juga mengungkapan tiga persoalan utama yang menjadi kendala dalam pengurusan tanah. Pertama, adanya sengketa tanah antara pemilik dan pihak lain.

 

Kedua, adanya perbedaan data antara fisik tanah dan yuridis sertifikat. Ketiga, adanya kesulitan dalam membayar biaya pengurusan tanah.

 

Untuk persoalan pertama, semua jajaran BPN Kota Depok harus berusaha menyelesaikan sengketa tanah dengan mengedepankan musyawarah dan mufakat. Dengan cara menggandeng pihak kepolisian dan kejaksaan untuk menangani kasus-kasus yang bersifat pidana.

 

“Namun, kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi tanah dan memastikan keabsahan dokumen tanah yang dimiliki,” ujar Indra.

 

Untuk persoalan kedua, BPN Kota Depok terus melakukan pemutakhiran data tanah dengan menggunakan teknologi informasi dan geospasial.

 

“Kami juga mengajak masyarakat untuk melakukan pengecekan data tanah secara online melalui situs resmi BPN Kota Depok. Apabila ada perbedaan data, kami siap untuk melakukan verifikasi dan koreksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tambah Indra.

 

“Untuk persoalan ketiga, kami menyadari bahwa biaya pengurusan tanah masih menjadi beban bagi sebagian masyarakat akibat ketidaktahuan. Oleh karena itu, berulang kali kami meminta masyarakat untuk datang langsung ke kantor pertanahan sebagai saluran yang tepat tanpa perantara,” jelas Indra Gunawan. * ( Red )

Flag Counter      °Aransir AS 🛡️Editor


⭕KILASBERITA


4 Kamp Pengungsi Gaza Rusak dalam 24 Jam Terakhir

Komisaris jenderal badan PBB untuk pengungsi di Palestina, UNRWA, Philippe Lazzarini mengatakan serangan Israel merusak empat penampungan pengungsi di Gaza, (3/11/2023).


Mulai dari sebuah sekolah di kamp pengungsi Jabalia- yang menewaskan sedikitnya 20 orang dan melukai lima orang- hingga sekolah lain di kamp pengungsi Beach di utara Gaza, dengan satu anak dilaporkan tewas.


Serangan juga membuat dua sekolah di kamp pengungsi Al Bureij rusak parah. Di mana dua orang dilaporkan tewas dan 31 luka-luka.*


ASTRABI Gandeng Dispora DKI dan IPSI Gelar Festival Pencak Silat Betawi 2023

Dalam upaya melestarikan dan mengembangkan silat tradisi serta menyiapkan calon-calon atlet di cabang Pencak Silat, Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia (ASTRABI) bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta dan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) sebagai induk organisasi pencak silat di Indonesia, akan menggelar Festival Pencak Silat Betawi ASTRABI 2023.


Acara akan dilaksanakan di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Sabtu (28/10/2023).*



Hari Ini Prabowo-Gibran Daftar ke KPU Sebagai Bakal Capres dan Cawapres

Bakal calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendaftarkan diri ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Rabu (25/10/2023).


Berdasarkan jadwal yang diterima, Menteri Pertahanan dan Wali Kota Surakarta itu direncanakan bertemu terlebih dahulu di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, pada pukul 07:30 WIB.*

Membangun Untuk Indonesia...

Translate news

Powered by Google TranslateTranslate

PILIHAN                                    

  • Lakukan Monitoring dan Evaluasi; Kemente…
  • Prabowo Gaet GibranSurvei Elektabilitas …
  • Hadi Tjahjanto Dukung Penuh Percepatan S…
  • Peringati Hari Santri; Pj. Wali Kota: Pe…
  • Hermina Cancer Warrior (HCW) Ajak Warga …
          • Dukungan Demokrat ke Prabowo Tidak akan …
          • Makassar;Anies dan Cak Imin Disambut Lua…
          • PJ. Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhammad…
        • Presiden RI Puji Kinerja Kementerian ATR…

        • BPN Kota Depok Ingatkan Pemilik Aparteme…
        • Teguran untuk Dirlantas Polda Metro Jaya…

    • SUWANDI; Pengawas Koperasi, Dinas Kopera…


Komentar


Urut Berdasarkan 

Komentar tidak dipublikasikan.



UN DESAUN DESA
Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB


    • Aryanto Misel;Saya Nggak Butuh 'Mereka',…
    • Gelombang Demo di Prancis; Akibat Tembak…
    • Kapal Selam wisata OceanGate Expeditions…
    • Agama Ke-dua Terbesar di Rusia Rusia. (I…
    Perang Ukraina Hanya Batu Loncatan untuk…
    • Deklarasi Pencalonan untuk Pilpres 2024:…

Angle Danau TambelangAngle Danau Tambelang
Wow Destinasi Wisata Bersama Keluarga BE…
  • Tri Tunggal Championship 1Dihadiri Plt. …
Sinéad O'ConnorSinéad O'Connor
Pelantun Nothing Compares 2 You Ini Ungk…

  • Mengurangi Nyeri dan Panas di Tenggoroka…
18 Buah Langka Dari Kalimantan

 


Follow:  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar