🌏 9 Mei 2024: Kenaikan Isa Al-Masih...

Jumat, Maret 10, 2023

Komitmen Kementerian ATR/BPN Laksanakan Aksi Pencegahan Korupsi dalam Bidang Perizinan dan Tata Niaga


Menteri ATR/BPN. (Image:ist/ATR/BPN)


JAKARTA – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) diwakili oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen), Himawan Arief Sugoto melakukan penandatanganan Komitmen Pelaksanaan Aksi Pencegahan Korupsi 2023-2024 dengan fokus Perizinan dan Tata Niaga, bertempat di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Rabu (08/03/2023). Penandatanganan komitmen ini diikuti oleh 22 perwakilan kementerian/lembaga (K/L) secara langsung dan 68 pimpinan daerah kabupaten/kota secara daring. 


Himawan Arief Sugoto mengungkapkan, terdapat beberapa poin dalam pencegahan korupsi, salah satunya adalah melalui perbaikan atau keselarasan dalam masalah pengurusan aspek perizinan berusaha. “Investasi itu kan dimulai dengan aspek perizinan, jadi kita berkomitmen turut melakukan percepatan proses pelayanan terkait perizinan, penerbitan hak atas tanah, dan lain-lain,” ujarnya.


Lebih lanjut, Himawan Arief Sugoto menjelaskan bahwa Kementerian ATR/BPN akan berkomitmen menjalankan program Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) terutama dalam bidang percepatan penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). “Jadi Pak Presiden sudah meminta kita untuk melakukan percepatan, yang semula _bottom up_, ini kita harus jemput bola mempercepat ini dengan pemerintah daerah (Pemda),” terangnya.


Ketua KPK, Firli Bahuri yang juga sekaligus Koordinator Tim Nasional Pencegahan Korupsi mengatakan, acara ini merupakan komitmen bersama dalam pencegahan korupsi. “Fokus dalam melakukan Stranas PK terbagi ke dalam tiga poin, mulai dari perizinan dan tata niaga, tata kelola keuangan negara, serta Reformasi Birokrasi dan penetapan hukum,” jelasnya.


Suasana jalannya acara. (Image:ist/ATR/BPN)


Berhubungan dengan hal tersebut, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengimbau agar aksi Stranas PK ini hendaknya menjadi perhatian dan bukan sekadar aksi seremonial semata. Ia menyebut bahwa aksi Stranas PK harus benar-benar dipahami dan disosialisasikan ke seluruh jajaran di masing-masing K/L. “Aksi pemberantasan korupsi ini harus menjadi sesuatu yang benar-benar riil dan konkret. Aksi pencegahan korupsi ini harus memiliki relevansi dengan upaya peningkatan indeks efektivitas dan perilaku anti korupsi,” ujarnya. 


Pada kesempatan yang sama turut hadir Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia. Ia menyampaikan, dalam rangka pencegahan korupsi dari perspektif perizinan usaha, muaranya adalah Online Single Submission (OSS). “Sistem ini berjalan jika input dari para K/L juga berjalan. Contohnya adalah RDTR, masalahnya kewenangan ini sebenarnya bukan di Kementerian ATR/BPN, namun dari Pemda. Oleh karena itu, kami punya 15 provinsi prioritas untuk percepatan RDTR, dibantu Kementerian ATR/BPN dan Kementerian Keuangan,” jelas Bahlil Lahadalia. 


Turut hadir dalam kegiatan ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto; Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly; serta Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN, R.B. Agus Widjayanto.* ( Red )

Flag Counter      Ali Arpani   🛡️Editor:Red

VIDEO PILIHAN

Lomba TOGALomba TOGA

IHT; Untuk Meningkatkan Silaturahmi dan …
  • 2 Mayat Perempuan Dicor Dalam Rumah di B…
  • IPW; Kapolri Harus Mencopot Dirkrimsus…
  • PTSL;PTSL;
    Warga Kuningan Ikuti Program PTSL Merasa…
  • 8 Nama8 Nama
    Sebelum Indonesia AdaIlustrasi…
  • RAMPAS-RI 1;RAMPAS-RI 1;
    Indonesia Pemerlukan Sosok Pemimpin yang…

Translate news

Powered by Google TranslateTranslate

Video

POPULAR      



GALANG DANA CIANJURGALANG DANA CIANJUR
Pelawak Prapto Pempek; Memberikan Hibura… 
Menteri Sosial RIMenteri Sosial RI
Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Inter…

 

Komentar

Urut Berdasarkan 

Komentar tidak dipublikasikan.


13 Atlet Silat Peroleh Mendali13 Atlet Silat Peroleh Mendali
Perguruan Pencak Silat Tri Tunggal Indon… 
Alam CapolagaAlam Capolaga
Tempat Bercamping dan Bersungai Jernih A…
Angle Danau TambelangAngle Danau Tambelang
Wow Destinasi Wisata Bersama Keluarga BE…
BANK SAMPAH CINTA 03BANK SAMPAH CINTA 03
Melakukan 'Pelatihan Kerajianan dari Sam…

Ini Tanaman Obat Asam Urat dan Perlu Ditanam di Rumah

  Follow:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar