🌏1|6|2024: Hari Lahir Pancasila...

Selasa, Mei 30, 2023

Terkait Mafia Tanah;

BPN Depok Minta Warga Manfaatkan Aplikasi Layanan Resmi  yang Tersedia


(Image:scrt/istimewa)


DEPOK-  Dalam meredam sengketa tanah dan persoalan lainnya yang muncul di Kota Depok, Jawa Barat, terinfo bahwa aplikasi mobile kini telah menjadi alat yang efektif untuk mempermudah berbagai aktivitas sehari-hari.


Sederet aplikasi yang disiapkan 'semangatnya tentulah membantu, melayani, dan menjadi solusi' bagi masyarakat. Dan sudah bulan rahasia umum, bahwa salah satu aplikasi yang memiliki manfaat besar yakni “Sentuh Tanahku”. 


Dan dimungkinkan untuk warga Kota Depok juga dapat memanfaatkan beragam aplikasi lain yang telah disiapkan. Sebutsaja seperti GISTARU, Loketku, Sigtora.


Di aplikasi tersebut, seperti dilansir, dapat mengetahui  terkait alur berkas sampai di mana berjalannya  dapat diketahui secara real time lewat aplikasi yang tersedia.


Hal ini sesungguhnya  menjadi solusi bagi masyarakat dari beragam pertanyaan yang kerap muncul tanpa harus mendatangi Kantor BPN Kota Depok.  Proses ini sangat efisien, mengingat sebelumnya orang harus pergi ke kantor pertanahan untuk mendapatkan informasi tersebut.


Menurut Indra Gunawan usai berdialog dengan jajaran pengurus DPD PSI Kota Depok, "Aplikasi Sentuh Tanahku misalnya, aplikasi ini mudah diakses. Warga Kota Depok bisa langsung membuka aplikasi itu dengan cara melakukan registrasi akun menggunakan alamat email,”ujarnya, Senin, (29/5/ 2023).


Paparnya, setelah registrasi berhasil, sambung Indra, silahkan masuk dengan akun yang sudah terdaftar. Lalu pilih menu Cek Berkas BPN Online. Selanjutnya, pilih opsi info sertifikat. Dengan kemudahan akses informasi tanah inilah, kepemilikan tanah dapat diketahui. 


“Cukup dengan smartphone atau perangkat lain yang terhubung ke internet, warga Kota Depok dapat mengakses basis data yang terintegrasi dengan sistem pendaftaran tanah,” ujarnya, seperti di lansir Disway.id.


Setelah itu, kata Indra, publik akan melihat informasi apa saja di dalamnya. Mulai dari nama pemilik tanah, luas tanah, status kepemilikan, dan informasi lainnya yang relevan.


Sedangkan manfaat lain dari aplikasi Sentuh Tanahku adalah menghindari sengketa tanah yang kerap jadi polemik menahun di tengah masyarakat Kota Depok.


Sisi lainnya mengurangi risiko penipuan dan memberikan kepercayaan bagi para pihak yang terlibat dalam transaksi properti.


Selain itu, informasi yang akurat dan terpercaya di aplikasi Sentuh Tanahku mendorong proses negosiasi harga, pengembangan infrastruktur karena mampu memotong rentang kendali birokrasi.


Sedangkan aplikasi GISTARU dapat di akses dan di klik di https://gistaru.atrbpn.go.id. Aplikasi ini bagian dari sistem Geographical System Tata Ruang (GISTARU) atau Sistem Informasi Geografi tentang Tata Ruang.


GISTARU dibuat untuk menampilkan peta Rencana Tata Ruang (RTR) yang dimiliki oleh Kementerian ATR/BPN.*

Flag Counter     • Ali Arpani   🛡️Editor:Red


"Karena sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan..."

Membangun Untuk Indonesia...

Translate news

Powered by Google TranslateTranslate

POPULAR                                    


    • Acara Puncak Hari Pers Nasional (HPN) Ti…
    • Dudung Durahman, Ketua Pengurus Koperasi…
    • Reses Jemput Aspirasi Dewan IHT Sekalig…
    • Polri Keluarkan Aturan Optimalkan Penind…
    • Polda Metro Jaya Launching Nomor Hotline…
    • Satpol PP dan Bea Cukai Bekasi Adakan So…
    • SUWANDI; Pengawas Koperasi, Dinas Kopera…

  • Cegah Stunting:Cegah Stunting:
    Pemerintah Gencarkan Program Bantuan Pan…
  • PT Pelindo Regional 2 Tebar Kebahagiaan …

GALANG DANA CIANJURGALANG DANA CIANJUR
Pelawak Prapto Pempek; Memberikan Hibura… 

Komentar


Urut Berdasarkan 

Komentar tidak dipublikasikan.


  • UN DESAUN DESA
    Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB

Alam CapolagaAlam Capolaga
Tempat Bercamping dan Bersungai Jernih A…
Angle Danau TambelangAngle Danau Tambelang
Wow Destinasi Wisata Bersama Keluarga BE…
BANK SAMPAH CINTA 03BANK SAMPAH CINTA 03
Melakukan 'Pelatihan Kerajianan dari Sam…
Grey Peacock PheasantGrey Peacock Pheasant
Burung yang Menarik dan Ramah…

Ini Tanaman Obat Asam Urat dan Perlu Ditanam di Rumah


CAKRAWALA

  Follow:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar