🌏17 |6|2024: Hari Raya Idul Adha 1445 H...

Rabu, Februari 15, 2023

Keluarga Besar RASRAJAWALI Galeri Bung Karno Peringati HUT PETA Ke 81 Penuh Khidmat


Dewi Ayu Wulandari (tengah,) dan Drs. H. Andi Makmur Andi Sadda. (Kanan)


Jakarta  - Tanggal 14 Februari bagi kebanyakan masyarakat di negara kita ini, terutama bagi generasi milenial-nya umumnya diperingati sebagai hari Valentine Days atau Hari Kasih Sayang. 


Tapi bagi Keluarga Besar Ikatan Kerajaan Siliwangi, Pajajaran, Tarumanegara, Majapahit (RASRAJAWALI) Galeri Bung Karno tanggal 14 Februari tersebut diperingati sebagai momen bersejarah bagi bangsa Indonesia yakni, peristiwa pemberontakan tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang dipimpin Shodanco Supriyadi terhadap penjajah Jepang yang meletus tepat pada tanggal 14 Februari 1945 di Blitar, Jawa Timur.


Bertema "Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh, Menata Kota, Membangun Desa"  Ikatan Keluarga Besar RASRAJAWALI yang tergabung dalam GALERI BUNG KARNO menggelar peringatan HUT Pemberontakan PETA Ke 81 di Kantor Sekretariat Rasrajawali di Gedung Veteran RI, Plaza Semanggi, Jakarta, Selasa (14/2/2023),


Acara peringatan HUT PETA yang terbilang langka di negeri ini dan hanya Keluarga Besar RASRAJAWALI yang baru pertama kali memperingatinya dihadiri langsung Putri Bungsu Presiden Pertama RI Dewi Ayu Wulandari atau Fransiska Sunarti. Dihadiri pula Ketua Forum Kerajaan dan  Lembaga Adat Sulawesi (FKKAS) Drs. H. Andi Makmur Andi Sadda, MM., Sekjen LVRI Kolonel Mar (Pur) Edi Tartiono, Sekjen PKRI Dedi Sutisna dan Aktor Senior Rudy Wahab.


Dihadiri pula Guru Besar Perguruan Al-Hikmah se Nusantara KH. Edi Sutisna Rasa, M.AG.

bersama puluhan anggotanya, serta ratusan Punggawa Rasrajawali Galeri Bung Karno dari berbagai daerah di Indonesia diantaranya dari Lampung, Jabodetabek, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara Papua dan lain lain.


Acara berlangsung khidmat diisi dengan mengheningkan cipta mendoakan para arwah pahlawan yang telah gugur khususnya para pahlawan PETA, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan beberapa lagu perjuangan lainnya. Tak ketinggalan pula ikut dinyanyikan lagu Mars Rasrajawali. 


Acara Diisi pula pembacaan pesan Romo, pembacaan Sejarah PETA serta penyerahan secara simbolis sample sertifikat tanah atas nama Sekjen PKRI Dedy Sutisna dan penyerahan dokumen tanah garapan dari Sabang sampai Merauke ke perwakilan sepuh negara Bramuda. Penutup acara diisi dengan pemotongan tumpeng, pembacaan doa dan poto bersama.


Putri Bungsu Bung Karno Dewi Ayu Wulandari atau Fransiska Sunarti selaku Kepala Dumber Daya Manusia Rasrajawali Galeri Bung Karno dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun PETA Ke 81, dikatakannya, pada hari ini tanggal 14 Februari kita mengenang kembali sejarah atau asal usulnya baik itu para tentara kita maupun para pekerja negara lainnya. 


"Tanpa Perjuangan PETA tidak ada kita kita ini semua, tidak ada Republik kita ini. Sebab Peta adalah perintis atau pelopor kemerdekaan negara kita ini," ungkap putri bungsu Bung Karno yang akrab disapa Bunda Dewi.


Bunda Dewi dalam sambutannya juga mengucapkan selamat datang kepada para punggawa Galeri Bung Karno atas kehadirannya di acara HUT PETA Ke 81 tanggal 14 Februari 2023 di tempat ini.


"Lanjutkan perjuangan  sampai benar benar mendapatkan kemerdekaan yang hakiki," tandas Bunda Dewi dalam berpesan.


Sementara itu Ketua Forum Kerajaan dan Lembaga Adat Sulawesi (FKKAS) Drs. H. Andi Makmur Andi Sadda, MM., dalam sambutannya selaku ketua panitia mengaku merasa sangat terharu dan bangga kita semua bisa menggelar peringatan HUT PETA ini dengan lancar, meskipun sederhana namun penuh khidmad.


"Ya meskipun penuh kesederhanaan, kita bersyukur karena masih beruntung bisa merayakan peringatan HUT PETA pada hari ini di gedung ini penuh khidmad," ucapnya.


Mantan Wakil Bupati Takalar Sulawesi Selatan yang merupakan cucu dari raja Pajongan, ketua pahlawan sekaligus raja dari pulau Bangkeng Sulawesi Selatan mengingatkan, jangan melupakan sejarah, karena tanpa perjuangan para nenek moyang kita, para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia, tidak ada kita, tidak ada NKRI kita


"Karena itu Jaga persatuan dan kesatuan bangsa demi terwujudnya Indonesia yang maju dan Jaya. Merdeka!" tegasnya memberi semangat.* (Ahmad Zarkasi/ Randy Samboza)

Flag Counter      🛡️Editor:Red 


  • Video Pilihan



    • Berikan Izin,Berikan Izin,
      Stadion PCB Siap Jadi Venue Liga 1KOTA B…
    • Formasi Baru PNS Kementerian ATR/BPN Dik…

    Translate news

    Powered by Google TranslateTranslate

    Video

    POPULAR      




      • Kantor Pelayanan Pajak Bekasi Raya Menja…
      Dewi Ayu Wulandari;Dewi Ayu Wulandari;
      Lembaga Adat 129 Kerajaan di Nusantara …

    GALANG DANA CIANJURGALANG DANA CIANJUR
    Pelawak Prapto Pempek; Memberikan Hibura… 
    Menteri Sosial RIMenteri Sosial RI
    Hadiri Peringatan Hari Disabilitas Inter…

     

    Komentar

    Urut Berdasarkan 

    Komentar tidak dipublikasikan.


    Alam CapolagaAlam Capolaga
    Tempat Bercamping dan Bersungai Jernih A…
    Angle Danau TambelangAngle Danau Tambelang
    Wow Destinasi Wisata Bersama Keluarga BE…
    HUT Pokdarwis Danau CipeucangHUT Pokdarwis Danau Cipeucang
    Ibnu Hajar Tanjung; Semakin Sukses dan B…  
    BANK SAMPAH CINTA 03BANK SAMPAH CINTA 03
    Melakukan 'Pelatihan Kerajianan dari Sam…

    Ini Tanaman Obat Asam Urat dan Perlu Ditanam di Rumah

      Follow: