🌏1|6|2024: Hari Lahir Pancasila...

Sabtu, Februari 17, 2024

Nusantara Reborn: Belajar di Trowulan



MOJOKERTO- Berkunjung ke tempat Pengelolaan Informasi Majapahit. Lokasinya ada di Jl. Pendopo Agung, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Keberadaannya di bawah Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Kebudayaan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI.


"Tempat ini sungguh lengkap serta membuka wawasan dulu kala," kata Oman Abdul Rochman, pegiat dan pengamat seni budaya Nusantara.


Di tempat ini, ditampilkan Situs Pemukiman Segaran yang menggambarkan pola tata ruang pemukiman di masa Majapahit. Ada juga barang-barang peninggalan Kerajaan Majapahit berupa artefak, patung, panji, bangunan kuno dan tidak kalah  menariknya di salah satu bagian ada ruang koleksi Islam terpajang dan terawat rapi. 


Itu artinya, jauh sejak Majapahit berdiri, Kebhinekaan sudah ada begitu lama. Apalagi ada penjelasan lebih rinci mengenai adanya makam para bangsawan Majapahit yang dinisannya bertuliskan ejaan  Arab.


Membaca Majapahit tentu tidak bisa dilepaskan dari nama besar Hayam Wuruk sebagai rajanya dan Gajah Mada sebagai Mahapatihnya.


Sejarah juga mencatat ada kisah cinta yang berakhir dengan peperangan karena lamaran yang semula dimuliakan oleh raja dari kerajaan Sunda, hingga dirinya rela mengantarkan anaknya bernama Dyah Pitaloka ke Majapahit untuk dinikahi Raja Hayam Wuruk,  justru dianggap sebagai bentuk pengakuan penundukkan oleh Mahapatih Gajah Mada.


Kondisi ini tentu tidak dapat diterima raja dari Kerajaan Sunda. Maka pecahlah perang di Bubat.  Demi menjaga harga diri, kehormatan kerajaannya, raja dari Kerajaan Sunda dan pengawalnya  memilih berperang hingga titik darah penghabisan.


Setelah tahu ayahnya dan seluruh pasukan pengawalnya gugur dalam peperangan.  Dyah Pitaloka yang semula sudah bersedia untuk dijadikan permaisuri Raja Hayam Wuruk ternyata lebih memilih bunuh diri demi membela harga diri, orangtua dan kerajaannya daripada dinikahi raja yang semula dicintai dan dihormatinya.


Peristiwa ini tentu menjadi catatan kelam bagi dua kerajaan yang ada di Timur dan Barat tanah Jawa.


Beberapa abad kemudian, di tahun 2009, pernah ada upaya untuk menyatukan kembali Timur dan Barat yang digagas   "duo Yusuf" antara Saifullah Yusuf sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur dan Dede Yusuf sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat. Mereka sepakat untuk membuat film babad "Perang Bubat" yang biayanya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dari masing-masing provinsi. 


Sayangnya, niat mereka ketika itu belum bisa diwujudkan karena ada kekhawatiran bisa menimbulkan kesalahahaman karena peristiwa di masa lalu. 


Pos anggaran yang semula digunakan untuk membiayai pembuatan film tersebut konon menurut berita dialihkan untuk kegiatan lain yang dianggap lebih dibutuhkan rakyat.


Trowulan menjadi saksi dari perjalanan sebuah kerajaan besar yang punya andil besar untuk menjadi bangsa besar bernama Nusantara melalui sumpah seorang Mahapatih yang juga harus kehilangan pengaruhnya karena dianggap gegabah mengambil langkah  memunculkan peperangan dengan calon mertua rajanya. 


Sedangkan sang raja pada akhirnya tenggelam dalam kesedihan karena harus menerima kenyataan kekasih hatinya lebih memilih mati bunuh diri ketimbang diperistri olehnya. Dan waktu pun mencatatnya.*

Flag Counter      Dosi Bre’     🛡️Editor


GALERY FOTO

Membangun Untuk Indonesia...

  • APK Mulai Ditertibkan, FORKOPIMDA Turun …
  • Miris: Ruang Inap Pasien Kosong Tetapi D…
  • Massa Pendukung AMIN Padati Stadion JISJ…
  • Sinergi Konsolidasi Pembekalan Saksi Pil…
  • Kunjungan Swiss-Belhotel Internasional k…
  • Ketua Umum Aliansi Madura Indonesia …

  • Waktu yang Tepat Untuk Memastikan Piliha…
    • Gebyar Literasi Tumbuhkan Generasi Cerda…
    • Nyaleg sebagai Ladang AmalGARUT- Fenomen…
    • Jangan Ada yang Melanggar Etika Supaya T…
    • Arya Wedakarna Dipecat …
    • 14 Kasus Narkoba dan OKT Diungkap Polres…

    • Hidup Nyaman di Rusun NagrakWujud Pemeri…

    • Pj. Wali Kota Bekasi Secara Simbolis Ber…


    Translate news

    Powered by Google TranslateTranslate
    Powered by Google TranslateTranslate

    KILASINFO

    Massa Pendukung AMIN Padati stadion JIS

    Pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menggelar kampanye akbar di Jakarta Internasional Stadium (JIS).


    Awalnya sebelum acara dimulai, massa sudah mendatangi JIS dari sore sampai malam dan subuh hingga pagi.


    Massa pendukung AMIN tampak memenuhi dalam JIS. Tribun di JIS juga terlihat terisi penuh.


    Selain itu, para pendukung juga terlihat membawa sejumlah bendera partai pendukung AMIN. Anies dan Cak Imin terlihat ikut duduk di tribun.*


    Pendukung Prabowo-Gibran Hadiri GBK

    Pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menghadiri acara kampanye akbar bertajuk 'Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju' di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 10 Februari 2024. 


    Berdasarkan pantauan sekitar pukul 10.40 WIB, ribuan pendukung Prabowo-Gibran memadati kawasan GBK. Tampak mereka mengenakan pakaian berwarna biru langit dengan membawa atribut bendera dan spanduk dengan tampilan wajah Prabowo-Gibran.*


    Sekitar 2.730 Aparat Gabungan Amankan Demo Apde di Senayan

    Dengan sebanyak 2.730 aparat gabungan untuk mengamankan demo Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di depan Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta. 


    Kombes Susatyo Purnomo Condro Kapolres Metro Jakarta Pusat mengatakan pihaknya akan menghalau massa agar tak kembali masuk ke jalan Tol Dalam Kota.


    “Kami melibatkan sejumlah 2730 Personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan Instansi terkait untuk mengamankan demo Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di depan Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta,” katanya, Selasa (6/2/2024).


    Tito Karnavian Jadi Plt Menkopolhukam Gantikan Mahfud MD

    JAKARTA– Kini Tito Karnavian menggantikan Mahfud MD yang mundur dari  Menko Polhukam. Untuk sementara Tito merangkap jabatan Kemendagri dan Plt Menkopolhukam.


    Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).


    Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan bahwa penunjukan Tito tersebut ditetapkan pada Jumat (2/2/2024).


    “Pada hari Jumat, 2 Februari 2024, Presiden telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024 yang berisi pemberhentian dengan hormat Bapak Mahfud MD sebagai Menkopolhukam,” ujar Ari kepada awak media.* (End)


    ITPEK & KESEHATAN

    Ranitidin Untuk Asam Lambung Berlebih

    Produksi asam lambung yang berlebihan dapat memicu iritasi serta peradangan pada dinding lambung dan saluran pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti rasa panas pada ulu hati dan tenggorokan, mual, serta kembung. 


    RANITIDIN

    Ranitidin adalah obat yang digunakan untuk mengobati gejala atau penyakit yang berkaitan dengan produksi asam lambung berlebih. Beberapa kondisi, seperti di kutip dari berbagai sumber, yang dapat ditangani dengan ranitidin adalah tukak lambung, penyakit maag, penyakit asam lambung (GERD), dan sindrom Zollinger-Ellison.


    Ranitidin bekerja dengan cara menghambat produksi asam lambung yang berlebih, sehingga gejala tersebut dapat mereda.


    Kegunaan Ranitidine

    Obat Ranitidine digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi, seperti:

    tukak lambung

    tukak duodenum

    tukak akibat penggunaan OAINS (obat anti inflamasi nonsteroid)

    hiperasiditas

    mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri H. pylori

    refluks esofagitis.*


    Manfaat Kangkung yang Merupakan Superstar Nutrisi 

    Kangkung merupakan superstar nutrisi karena mengandung vitamin A, K, B6 dan C, kalsium, potasium, tembaga dan mangan, seperti di kutip berbagai sumber. Ini sebagian manfaat yang diketahui.

    •Kangkung mengandung zat besi yang tinggi.

    Zat besi sangat penting untuk kesehatan, terutama bagi wanita, karena membantu membentuk hemoglobin dan enzim, mengangkut oksigen ke berbagai bagian tubuh, membantu pertumbuhan sel, menyehatkan fungsi hati dan banyak lagi. 

    •Kangkung penuh dengan antioksidan kuat.

    Antioksidan mengirimkan salah satu elektronnya ke radikal bebas, sehingga menetralkan radikal “pengoksidasi” dan mencegah mereka mencuri elektron dari sel kita. Yang terbaik, jaringan pejuang yang kuat ini dapat mencegah hingga 99% radikal bebas merusak sel-sel kita. 

    Antioksidan, seperti karotenoid dan flavonoid, membantu melindungi terhadap berbagai jenis kanker.

    •Kangkung adalah makanan anti-inflamasi yang bagus.

    •Kangkung sangat bagus untuk mendukung kardiovaskular.*



    JEJAK VIDEO  

    Membangun Untuk Indonesia  ...
    BERITA LALU 

    Video Pilihan

          • Dishub Kota Bekasi Sediakan 10 Halte Bus…
          • Bendungan Cipanas Jabar Sebagai Irigasid…
          • Sahabat Rudy - Faisyal RW.01 Pejuang:Sos…
        • Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Berku…
        • Peringkat Kedua Tingkat Nasional Tahun 2…
        • PEMKOT DEPOK DISOROT PUBLIKGegara Penggu…

      • Pokja Wartawan Humas Kota Bekasi Audiens…

      JEJAK VIDEO

      • BPN Kota Depok Paparkan Target Pengadaan…
      • Menkominfo Apresiasi PWI Bentuk Tim Satg…
      • Awal Tahun 2024 AMI Temukan 2 Lapas Jadi…
    • Ribuan Massa Hadiri Aksi Bekasi Bersama …
            • Terima Sertipikat dari Menteri ATR/Kepal…
            • Indra Gunawan Paparkan Inovasi 7 Program…
            • Silaturahmi dengan Media, Kakan Ajak Kol…
            • Prabowo Akan Temui Kaesang dalam Waktu D…
            • Tanah Waris Tak Terbagi Timbulkan Sengke…
            • Tersedia di Tiga Tempat Layanan SIM Keli…
            • Dua Pelaku Pemanahan terhadap Petugas Pe…

    KOMENTAR


    Urut Berdasarkan 

    Komentar tidak dipublikasikan.




      • Aryanto Misel;Saya Nggak Butuh 'Mereka',…
      PBB Teriak Genosida;Tewas Capai 9.000 Wa…
      • Gelombang Demo di Prancis; Akibat Tembak…
      • Kapal Selam wisata OceanGate Expeditions…
      • Agama Ke-dua Terbesar di Rusia Rusia. (I…
      Perang Ukraina Hanya Batu Loncatan untuk…
      • Haniyeh;Kami Hampir Mencapai Kesepakatan…

    • Bunda PAUD Buka Bimbingan Manasik Haji A…
    • Makanan yang Cocok Bagi Penderita Hernia…
    • Mengurangi Nyeri dan Panas di Tenggorok


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar