🌏 Hari Posyandu Nasional/29/4/2024...

Kamis, Juli 28, 2022

GELAR RAPAT PARIPURNA

DPRD Kota Bekasi Penyampaian Hasil Reses II dan Pokok Pikiran



BEKASI – DPRD Kota Bekasi mengadakan rapat paripurna yang dilaksanakan di Ruang Paripurna Sekretariat DPRD Kota Bekasi,  dihadiri para anggota Dewan DPRD Kota Bekasi, Sekretaris DPRD Kota Bekasi, Kabag dan Kasubag DPRD Kota Bekasi serta Pimpinan DPRD Kota Bekasi, (27/7/2022), pukul 16.00 WIB.


Paripurna penyampaian laporan hasil reses merupakan agenda rutin dari tiga fungsi DPRD yang dilaksanakan setiap tahun.


Perlu diketahui, sebelumnya, masa Reses II Anggota Dewan DPRD Kota Bekasi TA 2022 masa jabatan 2019-2024 yang dilaksanakan pada tanggal 8-12 Juni 2022 lalu dalam  menyerap aspirasi dan pengaduan dari masyarakat


Dalam rapat tersebut di pimpin langsung oleh Wakil Ketua III H. Edi, S.Sos didampingi Wakil Ketua II DPRD Kota Bekasi Tahapan Bambang Sutopo, SH. 


Acara berjalan dengan  penyampaian laporan hasil reses II DPRD Kota Bekasi 2022, kedua pembacaan rancangan keputusan DPRD Kota Bekasi tentang pokok pikiran hasil reses II tahun 2022 DPRD Kota Bekasi masa jabatan 2019-2024.


Kemudian dilanjut dengan pembacaan rancangan keputusan DPRD Kota Bekasi tentang pembentukan Pansus 30, 31 dan 32 DPRD Kota Bekasi. Lalu terakhir penandatanganan keputusan DPRD Kota Bekasi tentang pokok-pokok pikiran hasil reses tahap II tahun 2022 DPRD Kota Bekasi masa jabatan 2019-2024.


Dalam laporan yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD Kota Bekasi Hanan, penyampaiaan hasil pelaksanaan reses II berupa masukan dan aspirasi dari masyarakat sesuai pemilihan masing-masing anggota DPRD Kota Bekasi masa jabatan 2019-2024.


Terkait aspirasi yang masuk akan dijadikan bahan dalam setiap pembuatan Ranperda sesuai dengan aspirasi masyarakat. 


Aspirasi yang masuk berupa usulan pembangunan fisik dan lainnya sebagai bahan penyusunan APBD atau pun dalam perubahan APBD yang akan datang.


Reses II pada Juni 2022 oleh masing-masing anggota DPRD Kota Bekasi melalui daerah pemilihan masing-masing menghasilkan usulan aspirasi masyarakat yang disusun dalam tiga kategori.


Usulan pertama berdasarkan organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di jajaran pemerintah Kota Bekasi. 


Kedua berdasarkan usulan pemerintah dan terakhir berdasarkan aspirasi masyarakat.


Disebutkan, jumlah aspirasi masyarakat hasil reses II pada Juni 2022 oleh Anggota DPRD Kota Kota Bekasi tahun 2022 adalah 2.376 aspirasi masyarakat.


Sedangkan rincianya, usulan dari daerah pemilihan (Dapil) 1 Bekasi Timur-Selatan ada 343 aspirasi. Dapil 2 meliputi Bekasi Utara ada 254 aspirasi, Dapil 3 Rawalumbu-Mustikajaya dan Bantergebang terdapat 391 aspirasi.


Kemudian Dapil 4 meliputi wilayah Jatiasih-Jatismapung ada 409 aspiras, kemudian Daerah Pemilihan Pondok Melati- Pd Gede 453 aspirasi dan Dapil 6, Bekasi Barat dan Medansatri ada 466 aspirasi, seperti diinfokan.



Hasil pada masa reses II pada Juni 2022 merupakan bentuk pertanggungjawaban moral dan kinerja terhadap tugas dan fungsi dewan terhadap daerah pemilihannya, yang dilakukan melalui pola hubungan vertikal, horizontal, diagonal dengan masyarakat di Kota Bekasi.


PENGABDIAN & MENJARING ASPIRASI

Pada akhirnya, kinerja DPRD merupakan pengabdian kepada tuhan yang maha esa Allah SWT dan pengabdian kepada masyarakat dengan kewenangan yang dimiliki.


Kewenangan yang meliputi tiga aspek, yaitu, legislasi, anggaran, dan pengawasan, menjadi jalan mudah bagi DPRD Kota Bekasi untuk memenuhi semua hal yang menyangkut kebutuhan masyarakat.


Perlu dicatat. Reses dewan, yang secara istilah diartikan sebagai agenda menjaring aspirasi, suara, ide serta masukan masyarakat merupakan program rutin tahunan DPRD Kota Bekasi dalam upaya mewujudkan Kota Bekasi dan masyarakatnya yang 'Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan'.


Setiap Anggota DPRD Kota Bekasi wajib melaporkan hasil reses kepada Pimpinan DPRD Kota Bekasi. Hasil reses akan menjadi Pokir DPRD Kota Bekasi yang akan diparipurnakan.*


______________

Dosi Bre'

Editor:  Red



BERITA PILIHAN

ATR/BPN;

Dalam Mengatasi Sengketa dan Konflik Agraria Kuncinya Sinergi dan Kolaborasi

Silaturahmi Akbar KBRT

IHT; Semoga Bisa Melahirkan Ide dan Gagasan Besar

PAW Wasimin

Enie Widhiastuti; Komitmenkan Untuk Mengutamakan Kepentingan Masyarakat Guna Mewujudkan Cita-cita Kota Bekasi

Stiker

Penghentian Usaha Hollywings Bekasi Dipasang Pemkot Bekasi

Sosok Zulkifli Hasan

Ketum PAN Zulkifli Hasan Dilantik Jadi Menteri Perdagangan

Pemkot Bekasi

Respon Video Jembatan Roboh

Sinergi Antara RW dan Anggota Dewan;

Semua Aspirasi Warga Dituangkan Dalam Proposal Agar Tepat Sasaran

Dari Limbah Botol Plastik






    PEMKOT BEKASI    WISATA  

    Membangun Untuk Indonesia  ...


    Follow:

    Facebook  Twitter  Instagram  Youtube     

      satgasnasNews
      www.satgasnas.com

    KODE ETIK: Sesuai UU Pokok Pers  ◾ Wartawan satgasnasNews dibekali ID Pers dan SK.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar