Ada Apa Dengan Cempedak

Wangi Manisnya Menyimpan Manfaat dan Efek


Makan nangka Cempedak wow manis dan nikmat. Cempedak sering disamakan dengan nangka karena tampilannya yang mirip. Keduanya sama-sama memiliki rasa manis, dagingnya kuning, dan kulitnya hijau. 


Akan tetapi ada bedanya yaitu buah cempedak memiliki aroma lebih menyengat seperti durian. Berikut manfaat atau khasiat dan kandungan gizi di dalam cempedak untuk kesehatan tubuh.


Jejak Cempedak

Dirangkum berbagaisumber, Cempedak memiliki nama latin Artocarpus integer dan dikenal sebagai cempadak atau cempeda. Buah ini masih berkerabat dengan nangka dan sukun ini paling sering ditemui di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia.


Buah cempedak memiliki serangkaian kandungan gizi bermanfaat untuk tubuh. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram cempedak memiliki kandungan gizi sebagai antaranya, Air: 67 ml,Energi: 116 Kalori, Protein: 3 gram, Lemak: 0,4 gram, Karbohidrat: 28,6 gram, Serat: 3,4 gram, Kalsium: 20 mg.


Serta Fosfor: 30 mg, Zat besi: 1,5 mg, Natrium: 25 mg, Kalium: 243,7 mg, Beta-Karoten: 79 mcg dan Vitamin C: 15 mg.


Untuk mendapatkan nilai kandungan gizi dan manfaat cempedak yang optimal, akan lebih baik bila mengonsumsinya tanpa diolah.


Khasiat Cempedak

Perlu diketahui, nangka cempedak bisa dikonsumsi langsung dan diolah menjadi berbagai macam camilan. Beberapa olahan cempedak populer yaitu selai, keripik, atau campuran kolak.


Ini manfaat untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagaisumber;

•Menjaga kesehatan jantung

Buah cempedak mengandung serat dan vitamin C tinggi yang membantu kesehatan jantung. Bukan  itu saja, kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam cempedak memiliki manfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah.


Ketika tekanan darah turun, kadar kolesterol juga ikut berkurang. Hal tersebut membuat kerja jantung menjadi lebih optimal.


•Mengurangi risiko infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) bisa terjadi pada siapa saja. Akan tetapi, ISK paling sering dialami oleh ibu hamil dan wanita karena kondisi uretranya lebih pendek dibanding pria. Hal tersebut memudahkan bakteri untuk masuk dan menginfeksi saluran kemih. 


Untuk mengurangi risiko dan tingkat keparahan ISK, Anda bisa mengonsumsi buah cempedak, karena salah satu manfaat cempedak adalah mengurangi risiko infeksi saluran kemih yang memiliki sifat antibakteri,

antivirus, dan antijamur.


Ketiga sifat tersebut membuat cempedak membantu mengurangi risiko infeksi saluran kemih. Hal itu karena ISK disebabkan oleh berbagai bakteri, virus, dan jamur yang menyebar dan menempel saat buang air kecil.


Memelihara kesehatan mata

Beta karoten sering terkandung dalam buah dan sayur. Saat masuk ke dalam tubuh, beta karoten akan diubah menjadi vitamin A.


Di dalam 100 gram cempedak, mengandung 79 mcg beta karoten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A.


•Mengurangi risiko obesitas

Bila Anda memiliki risiko atau sudah mengalami obesitas, coba konsumsi buah cempedak.Meski cempedak memiliki rasa yang manis, buah ini mempunyai manfaat untuk mengurangi risiko obesitas atau kegemukan.


Hal ini disebabkan kandungan serat tinggi yang bisa membuat Anda lebih cepat kenyang dan melancarkan buang air besar.


Pengobatan malaria

Tidak hanya buahnya, kulit buah cempedak juga memiliki manfaat untuk pengobatan malaria,  karena kandungan artoindonesianin dan heteriflavon C bantu menghilangkan parasit dari nyamuk malaria.


Dari informasinya,  pengobatan malaria, kulit cempedak biasanya dijadikan ekstrak dan dibuat menjadi kapsul atau larutan seperti puyer, bukan dikonsumsi secara langsung. Akan tetapi hal itu masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat buah cempedak sebagai pengobatan penyakit malaria.


Efek Cempedak

Dibalik manisnya cempedak diketahui memiliki dampak gangguan kesehatan tubuh yang mungkin bisa dialami oleh beberapa orang. 


Diketahui memang buah cempedak dapat meningkatkan asam lambung jika setelah mengonsumsi terrasa  mengalami nyeri ulu hati, maka besar kemungkinan mengalami gangguan lambung akibat meningkatnya produksi asam lambung, terutama untuk wanita hamil.


Beberapa penyakit dengan gejala tersebut, diantaranya sakit maag, gastritis, penyakit asam lambung, tukak lambung dansebagainya.


Namun, jika gejala tidak kunjung membaik, maka perlu ditelusuri lebih lanjut penyebabnya. Oleh karena itu, disarankan untuk  ke dokter terdekat.


Bagi Orang berpenyakit  lambung

Bila anda memiliki penyakit lambung, alangkah baiknya menghindari mengonsumsi makanan yang dapat memicu gangguan pada lambung, seperti buah cempedak yang pernah dikonsumsi, makanan yang pedas, asam, cokelat, minuman bersoda, berkafein, dan minuman beralkohol, hindari merokok.


Yang intinya menjaga pola makan itu lebih baik.


_____________________

• Rifki.    •Editor:  



Poligami Ong Dam Sorot punya 8 istri

Para Istri; Dam Sorot Sebagai Pria Paling Baik dan Perhatian di Bumi

.

Pelawak Senior Prapto Pempek

Dari Pinggir Sungai Batanghari Jambi Menjadi Pelawak Nasional    

.

Jejak Tokoh Pers Indonesia Adam Malik

Seorang Politikus yang Mantan Jurnalis 'Semua Bisa Diatur'



Video Bulan Ini 


POSTinLifestyle 
Sport

Pariwisata



Musik



Tempat wisata di Maluku Utara yang Wajib di Kunjungi



CAKRAWALA


Follow:

 Facebook  Twitter  Instagram  Youtube    

  satgasnasNews
  www.satgasnas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar