🌏 Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024...

Selasa, Mei 30, 2023

Asda 2 Kota Bekasi Terima Kunker DPRD Kota Tegal Bahas Pengawasan Pembangunan



KOTA BEKASI- Komisi 1 DPRD Kota Tegal mengunjungi Pemerintah Kota Bekasi dalam rangka kunjungan kerja terkait pembinaan dan pengawasan pembangunan di Kecamatan dan Kelurahan.


Turut hadir pada acara kunjungan kerja, Asisten Daerah 2, Inayatulah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Lia Erliani, Sub Koordinator Bagian Pembangunan, Abdul Hamid, perwakilan Bappelitbangda, Disperkimtan dan BMSDA di Press Room Humas.


Pemimpin rombongan sekaligus Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Ali Zaenal Abidin menjelaskan bahwa tujuannya untuk bertukar pikiran antara kebijakan pemerintah terkait Pengawasan pembangunan di Wilayah.


"Tujuan kedatangan kami ingin mengetahui regulasi yang digunakan oleh Pemerintah Kota Bekasi dalam melakukan pengawasan pembangunan, karena mengetahui banyaknya jumlah penduduk dan luas wilayah yang luas dibandingkan dengan Kota Tegal," ujarnya.



Beliau berharap dalam diskusi akan ada ilmu yang didapat dan diterapkan sepulangnya nanti.


Selanjutnya, Asda 2 Kota Bekasi, Inayatulah memberikan sambutan selamat datang kepada rombongan dengan menjelaskan profil Kota Bekasi secara ringkas.


"Pemkot Bekasi merupakan kota yang dikenal sebagai kota patriot, dimana visi 2018-23 adalah Bekasi  yang cerdas kreatif maju sejahtera dan Ihsan dengan Luas wilayah Kota Bekasi seluas 210 Km²," katanya.


Dengan jumlah penduduk nya mencapai 2,4 juta, terdiri dari 12 kecamatan dan 56 kelurahan yang berbatasan langsung dengan Ibu Kota dengan APBD sebesar kurang lebih 6.3 trilyun dan PAD kurang lebih 3,1 trilyun.



Pemkot Bekasi berkaitan dengan pengawasan pembangunan sedang dilakukan pembahasan penambahan anggaran untuk wilayah tahun 2024.


"Saat ini sedang dilakukan pembahasan Untuk tahun anggaran 2024 setiap kelurahan akan diberikan anggaran sebesar 1 milyar untuk program fisik dengan tujuan untuk memajukan masyarakat sekitar dibantu melalui pengawasan pembangunan yang sesuai dengan regulasi yang ada," ujarnya menerangkan.


Bergantian menambahkan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda, Lia Erliani menjelaskan program yang baru-baru ini dilakukan oleh Kepala Daerah yaitu Semesta Berencana.


Program tersebut kepala daerah bersama dinas terkait yang memiliki fungsi bersinggungan mendengarkan secara langsung sekaligus memastikan program pemerintah berjalan lancar. 


Program Semesta berencana diagendakan setiap bulan Oktober - November, dan juga mewajibkan semua komponen perangkat daerah hadir seperti Dinas tata ruang, bmsda memiliki unit pelaksana teknis di wilayah Kecamatan dan Kelurahan.


"Unit tersebut harus mempresentasikan sudah sejauh mana progres pembangunan yang dilakukan menjelaskan langsung kepada kepala daerah, anggota DPRD sesuai dengan wilayah dapilnya, forkopimda, dan forum komunikasi ketua RW, " ujar Lia Erlian.


Lia pun menjelaskan bagian Tata Pemerintahan bertugas untuk merekap semua usulan masukan yang nantinya akan dijadikan berita acara yang ditandatangani oleh Kepala daerah. Apabila nanti ada masukan masyarakat yang belum masuk maka akan dimasukan kedalam usulan prioritas.



Terakhir, Subkor bagian pembangunan Setda,  Abdul Hamid menjelaskan bahwa Bagian pembangunan selalu melakukan evaluasi mulai dari perencana, pelaksanaan dan  pengawas kegiatan dengan turun ke lapangan memantau  langsung kegiatan mulai dari 0 % sampai 100 % hingga selesainya pembangunan di wilayah.


"Ditambah lagi di bagian pembangunan ada aplikasi Simpelbang yang berkolaborasi dengan SIMDA (BPKAD), disitu tertera jelas mulai dari laporan progres penyerapan  keuangan dan progres kegiatan fisik. Pada intinya bagian pembangunan membuat regulasi terkait pembangunan dan  apabila ada yg tidak sesuai antara rencana dan pelaksanaan,  maka akan dilakukan konfirmasi  untuk melakukan penyesuaian antara target di rencana awal dengan pelaksanaannya," pungkasnya.


Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif, foto bersama, dan penyerahan cinderamata antara Pemerintah Kota Bekasi dengan DPRD Kota Tegal.* (Dro)

°Humas Kota Bekasi 

Flag Counter     • Dosi Bre'   🛡️Editor:Red


"Karena sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan..."

Membangun Untuk Indonesia...

Translate news

Powered by Google TranslateTranslate

POPULAR                                    


    • Terkait Mafia Tanah;Terkait Mafia Tanah;
      BPN Depok Minta Warga Manfaatkan Aplikas…
    • Pemkot Bekasi Tak Usulkan Formasi ASN 20…
    • Klarifikasi;;
      Terkait Kasus Pencemaran Nama Baik Muham…
    • Plt Wali Kota Bekasi Buka Workshop Pari …
    • Turnamen Catur Kuncung Putih Cup I Bekas…
    • Plt. Wali Kota BekasiPlt. Wali Kota Bekasi
      Hadiri Sekaligus Membuka Turnamen Catur …
    • Acara Puncak Hari Pers Nasional (HPN) Ti…
    • Dudung Durahman, Ketua Pengurus Koperasi…
    • Reses Jemput Aspirasi Dewan IHT Sekalig…
    • Polri Keluarkan Aturan Optimalkan Penind…
    • Polda Metro Jaya Launching Nomor Hotline…
    • Satpol PP dan Bea Cukai Bekasi Adakan So…
    • SUWANDI; Pengawas Koperasi, Dinas Kopera…

  • Cegah Stunting:Cegah Stunting:
    Pemerintah Gencarkan Program Bantuan Pan…
  • PT Pelindo Regional 2 Tebar Kebahagiaan …

GALANG DANA CIANJURGALANG DANA CIANJUR
Pelawak Prapto Pempek; Memberikan Hibura… 

Komentar


Urut Berdasarkan 

Komentar tidak dipublikasikan.


  • UN DESAUN DESA
    Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB

Alam CapolagaAlam Capolaga
Tempat Bercamping dan Bersungai Jernih A…
Angle Danau TambelangAngle Danau Tambelang
Wow Destinasi Wisata Bersama Keluarga BE…
BANK SAMPAH CINTA 03BANK SAMPAH CINTA 03
Melakukan 'Pelatihan Kerajianan dari Sam…
Grey Peacock PheasantGrey Peacock Pheasant
Burung yang Menarik dan Ramah…

Ini Tanaman Obat Asam Urat dan Perlu Ditanam di Rumah


CAKRAWALA

  Follow:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar