Kamis, Mei 26, 2022

Fantastis Harganya

The tree of heaven Incaran Berbagai Negara di Dunia 

Image:Kayu.gaharu.001


Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa, yang tentunya  memiliki beragam spesies unik dan khas. Sebagian lagi  masih menyisakan misteri dan kekhasannya hingga saat ini. Salah satunya adalah Gaharu, sebuah pohon asli dari Kalimantan yang menjadi incaran berbagai negara di dunia.


Ada yang menyebutnya 'The tree of heaven' (Pohon Surga) untuk pohon Gaharu. Pohon yang sangat diminati banyak orang ini, ternyata bisa mengeluarkan atau menciptakan wangi yang khas dari bagian resin atau gabul pohon ini. 


Nah, dikarenakan wangi yang khas inilah banyak para pengusaha menggunakan pohon ini untuk produk mereka, mulai dari kosmetik, sampo, parfum, dupa yang menggunakannya sebagai bahan dasar produk-produknya


Ada juga yang 'meyakini' bahwa pohon Gaharu bisa diolah untuk menjadi obat, mampu mencegah terjadinya tumor pada seseorang. Apa sebabnya? Menurut informasinya, hal ini disebabkan oleh kandungan flavonoid yang ternyata dimiliki oleh pohon ini. Dimana kandungan tersebut bisa menjaga sel-sel tubuh tetap sehat.


Pohon Gaharu hanya ditemukan di Indonesia, harga jualnya berkisar Rp. 10-35 juta atau lebih untuk setiap satu kilogram bergantung pada kualitasnya. 


Sebagai informasi yang didapat, (1/3/2022), kayu Gaharu (sesuai kwalitasnya) dijual dengan harga mencapai USD100 ribu atau setara Rp1,43 miliar (kurs Rp14.300 per USD). Karena memiliki harga jual yang tinggi, kayu Gaharu termasuk salah satu bahan mentah termahal di dunia.


Informasi lainnya menyebutkan, Okezone, 'kayu Gaharu asli Indonesia yang termahal di dunia karena harganya menembus Rp.1,5 miliar per kilo.'



Akan tetapi, peneliti asal Departemen Biologi Institut Pertanian Bogor (IPB), Gayuh, itu menyayangkan jika pemanfaatan kayu Gaharu justru dilakukan oleh masyarakat Arab, Taiwan, China, dan Jepang,(12/5/2014).


Tingginya harga kayu dari Pohon Gaharu disebabkan karena kandungan resin yang memiliki aroma wangi yang khas dan banyak disukai. Selain itu kayu Gaharu populer digunakan sebagai aksesoris, dekor interior, dan berbagai kerajinan kayu.


Resin yang ada di Pohon Gaharu dihasilkan oleh sejenis mikroba yaitu Fusarium sp. saat usia pohon mencapai 25-30 tahun. 


Dikarenakan butuh waktu yang sangat lama, kini para petani mengakalinya, mencari alternatif baru dengan menyuntikkan mikroba Fusarium sp. pada Pohon Gaharu yang berusia lima tahun sehingga resin dihasilkan lebih cepat.


Perludiketahui bahwa aroma wangi kayu Gaharu dapat tercium cukup dengan membakarnya saja tanpa perlu pengolahan yang rumit. 


Image:istimewa


Kayu dari Pohon Gaharu juga terkadang digunakan untuk keperluan religius dengan menjadikannya gelang atau tasbih. Beberapa negara yang sering memesan kayu Gaharu dari Indonesia yaitu Oman, Yaman, Saudi Arabia, Jepang, Korea, dan Singapura.


Di Indonesia sendiri telah dibentuk Asosiasi Gaharu Indonesia (Asgarin) sebagai wadah pengenalan mengenai usaha dan budi daya gaharu. 


TENTANG GAHARU

Mahalnya harga kayu gaharu karena langkanya pohon gaharu dan masih kurangnya minat masyarakat terhadap budi daya pohon tersebut.


Secara morfologis kayu gaharu spesies Aquilaria malaccensis dapat tumbuh hingga 40 meter dengan diameter batang mencapai 40-60 cm. Berdaun lancip dan meruncing di bagian ujungnya. Pohon gaharu juga menghasilkan bunga dan buah.


Bunganya berwarna kuning, tumbuh di ujung ranting pada bagian atas maupun bawah ketiak daun. Sementara buahnya berbentuk bulat dengan ukuran 3-5 cm berwarna kemerahan dan berbulu.


Kayunya keras, lurus dengan kulit berwarna coklat keputihan dan bertekstur halus. Sementara bagian gubalnya (bagian dalam kayu sebelum inti) berwarna hitam pekat yang merata dan beraroma harum saat dipotong. Bagian gubal inilah yang kemudian menentukan kualitas kayu gaharu.


Aroma wangi pada kayu gaharu disebabkan oleh jamur Fusarium sp yang menyerang bagian gubal. Gubal sendiri adalah bagian kayu yang masih muda yang terdiri dari sel-sel hidup dan berfungsi menyalurkan maupun menimbun makanan.


Image:istimewa


Kayu gaharu tidak hanya dihasilkan dari jenis pohon Aquilaria, melainkan semua pohon dari family gaharu-gaharuan (Thymelaeaceae) juga menghasilkan kayu gaharu. Tapi kayu gaharu paling baik dan berkualitas dihasilkan oleh pohon spesies Aquilaria malaccensis.


Pemanfaatan pohon gaharu sama seperti jenis pohon kayu lainnya yang digunakan untuk membuat furniture atau bahan bangunan. 


Pohonnya dapat dipanen mulai dari usia 5 tahun sampai usia 25 tahun sampai menghasilkan resin yang berkualitas sebagai bahan baku industri parfum, kosmetik dan obat-obatan.


Saat ini kayu gaharu spesies Aquilaria malaccensis masuk kategori Appendix II berdasarkan hasil konvensi CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) di Amerika Serikat pada tahun 1994. Kayu gaharu disebut terancam punah karena populasinya berkurang sangat cepat akibat permintaan yang tinggi


POHON GAHARU DARI SURGA

Disebutkan bahwa kayu dari Pohon Gaharu merupakan salah satu kenikmatan yang Allah SWT siapkan untuk para penghuni surga. Hal ini terdapat dalam hadits H.R. Muslim yang artinya, 

” Dari Abi Hurairah RA, bahwa Rosulullah SAW bersabda, “golongan penghuni sorga yang pertama kali masuk rupa mereka laksana bulan pada malam bulan purnama, sampai ucapan beliau,  nyala perdupaan mereka adalah gaharu, Imam Abul Yaman berkata, maksudnya adalah kayu gaharu.” *





Gaharu Budidaya dan Alam


Dikutip dari alexsa_sln Gaharu, ia menyebut bahwa Gaharu untuk komoditas di bedakan ada dua, gaharu alam dan gaharu budidaya.


"Gaharu alam biasanya di dapat dari proses alamiah, yaitu pohon tumbuh liar dan mati ngurak/tua, lalu bertahan selama bertahun-tahun dan baru muncul gupal gaharu nya, ini mengapa gaharu alam lebih mahal daripada gaharu budidaya, karena cara mendapat kan nya yang susah serta butuh extra tenaga,biaya dll nya dan gaharu ini bisa untuk terapi medis dan non medis.. bisa untuk booster pusaka pusaka kesayangan kita, wajib punya jika ingin pusakamu berenergy besar dan makin besar. Gaharu alam di dapat dari gaharu jenis angkaras. Gaharu angkaras proses nya diatas tanah," tulisnya.


Ada gaharu buaya, gaharu ini sebagian ada yang alami ada yang budidaya, biasanya gaharu ini tertimbun di dalam tanah, tanah gambut atau yg lain, gaharu ini kualitas nya biasa, untuk dijadikan minyak dan dupa.


Lalu ada gaharu budidaya, yaitu ditanam secara sengaja dan kayu gaharunya hasil suntikan / inokulan, biasanya kayu jenis ini untuk kerajinan saja, misal gelang, kalung, tasbih,warangka keris dll nya.. kalau untuk manfaat mungkin berbeda dengan yang gaharu alami..

Jika ada yang berminat gaharu alami, saya ada stok banyak, silahkan bisa di pesan,  ada 1 bonggol bisa untuk di jadikan deder keris.*

Referensi:Dari berbagaisumber.



_____________________

•              •Editor:  Dosi Bre'


BERITA PILIHAN

Keadilan Restoratif

Inidia Kejelasannya Untuk Diketahui

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto

Ikuti Kegiatan Jum’at Keliling dan Mengapresiasi Mushola Al-Hidayah




    Bahas LGBT

    Deddy Corbuzier Tuai Kontroversi dan Unsubscribe


    Kasus Korupsi Helikopter AW-101

    IPW Mendesak Jenderal Andika Menjelaskan Alasan Stopnya Penyidikan Dugaan Korupsi Helikopter AW-101

    .

    Tri Adhianto

    Menghadiri Pesta Rakyat Kelurahan Cikiwul

    .

    Perang Rusia Vs Ukraina

    Barat Curi  Rp.4.356 Triliun Dari Moskow

    Ketua DPRD Kota Bekasi Saifuddaulah;

    IWO Mengawal Pembangunan dan Berfungsi Sebagai Pilar ke Empat Demokrasi

    .


    Kenaikan Isa Al Masih

    ( 26 Mei 2022 )


    Membangun Untuk Indonesia  ...
    INFOLAIN  

    IPW Meminta Polri Untuk Menjalankan Tupoksinya Terkait Unjuk Rasa BEM-SI pada 11 April 2022

    .

    Tri Adhianto Tarawih Keliling

    Sekaligus Melihat Proses Vaksinasi Booster

    Susunan Lengkap Perangkat AKD DPRD Kota Bekasi

    LKM NIK Tetap Berjalan

    RS Swasta Akan Dilibatkan Bila Ada Hal Urgen

    .

    Penyerahan SK dan Pengukuhan WN 88

    Sektor Medan Satria, Sub Unit 01 Bekasi Raya

    .

    HUT Ke 20 Tahun GMBI;

    Asep Sukarya; Akan Terus Fokuskan Kegiatan GMBI Peduli

    .

    BERAGAM BARANG BUKTI

    Dimusnakan oleh Kejari Kota Bekasi

    .


    Sosialisasi Perda 07 tahun 2021

    IHT; Cita Cita Kita Bagaimana Bisa Kita Canangkan Sebagai Kota Koperasi

    .

    Kejaksaan agung 

    Dukung Program Kerja IKN

    TERKAIT PROGRAM KERJA

    Nyimas; Harusnya Tri Adhianto Hanya Menjalankan Program program Kerja yang Sudah Dirancang Sejak Awal 'Pen-Tri

    Siswinya Lolos Calon Peserta IGeO 2022

    Kepala SMAN 1 Bekasi, Ekowati Meminta Doa dari Masyarakat

    KOIN Adakan Uji Kompetensi

    Pemasangan CCTV Pertama di Indonesia

    .

    Ada Dua Kepemilikan Lahan

    Usman; Kami Akan Pertahankan Apa yang Menjadi Hak Kami

    Milad ke-1 KBRT

    Ibnu Hajar Tanjung; Semoga Makin Kompak dan Bersatu dalam Menjalankan Organisasi Serta Bermanfaat 

    .

    Ketua DPRD Kota Bekasi

    Chairoman Menaati dan Mematuhi Keputusan Partai

    Kejagung

    Tetapkan Tersangka Baru Kasus Garuda

    .

    Sofyan Djalil; Oknumnya Ada di BPN, Aparat Hukum Ada, Pengadilan Ada, Pengacara Ada, PPAT Ada

    .

    Korupsi Pengadaan Pesawat Udara

    2 Orang Ditetapkan Sebagai Tersangka

    .

    Jual Beli Tanah Wajib Lampirkan BPJS Kesehatan

    Ahh Yang Bener! Apa Hubungannya?


    Jaksa Masuk Sekolah

    Beri Pemahaman Tentang Hukum di SMA Negeri 1 Kota Bekasi

    Arif Rahman Hakim Marah Besar

    Wasit Curang, Kita Akan Membuat Pengaduan ke PSSI

    .


    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Memenuhi Janjinya Sambangi Sinta Penderita Tumor Kaki


    Tri Adhianto Mendoakan Agar Kopi Nako Berkembang

    Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi

    Plt Wali Kota Bekasi Apresiasi Peserta Didik


  •  
  • BERITA LALU

    Ada Pengembalian Uang

    KPK Mengembangan Pemeriksaan Kasus Korupsi di Lingkup Pemkot Bekasi

    Dinas Pendidikan 

    Menjawab Soal Listrik Sekolah yang Disegel PLN

    Mantan Pembina GMBI

    Anton Charliyan Kecam Keras Ulah Anggota GMBI Yang Tunggangi Patung Maung Lodaya

    .

    Akhir Pekan Tri Adhianto

    Dari Kegiatan Subuh Keliling di Masjid Rawalumbu Hingga Meninjau Vaksinasi

    IKS PI Kera Sakti Milad 42 Tahun

    Bersatu Berjuang Menuju Kejayaan

    Rapat Sinergitas 3 Pilar di Lingkungan Kecamatan Bekasi Timur

    Tokoh Remaja dan Pemuda Dilibatkan dalam Rapat Dong

    Memperingati HPN

    Berharap IWO Kota Bekasi Bisa Bersinergi Dengan Partai Nasdem Kota Bekasi


  •  
  • BERITA LALU

    Ada Pengembalian Uang

    KPK Mengembangan Pemeriksaan Kasus Korupsi di Lingkup Pemkot Bekasi

    Dinas Pendidikan 

    Menjawab Soal Listrik Sekolah yang Disegel PLN

    Mantan Pembina GMBI

    Anton Charliyan Kecam Keras Ulah Anggota GMBI Yang Tunggangi Patung Maung Lodaya

    .

    Akhir Pekan Tri Adhianto

    Dari Kegiatan Subuh Keliling di Masjid Rawalumbu Hingga Meninjau Vaksinasi

    IKS PI Kera Sakti Milad 42 Tahun

    Bersatu Berjuang Menuju Kejayaan

    Rapat Sinergitas 3 Pilar di Lingkungan Kecamatan Bekasi Timur

    Tokoh Remaja dan Pemuda Dilibatkan dalam Rapat Dong


    Marhaban Janji Benahi ICMI Kota Bekasi

    Usai Dilantik Sebagai Tim Ekonomi dan Inovasi ICMI Pusat



    🔘L a l u  

    Akhir Pekan Tri Adhianto

    Dari Kegiatan Subuh Keliling di Masjid Rawalumbu Hingga Meninjau Vaksinasi




    Follow:

    Facebook  Twitter  Instagram  Youtube     

      satgasnasNews
      Satgasnas.com

    KODE ETIK: Sesuai UU Pokok Pers  ◾ Wartawan satgasnasNews dibekali ID Pers dan SK.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar